10 Cara Mengusir Kecoa dan Menjaga Rumah Tetap Sehat Selamanya

Professional Pest Control

10 Cara Mengusir Kecoa dan Menjaga Rumah Tetap Sehat Selamanya


10 Cara Mengusir Kecoa dan Menjaga Rumah Tetap Sehat Selamanya (FOTO/iStockphoto)

Kecoa dapat membawa berbagai bakteri patogen yang berbahaya bagi tubuh. Adapun cara menghilangkan kecoa ampuh, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti baking soda. Selain menjijikkan, keberadaan kecoa di dalam rumah ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan. Hewan kecil berwarna coklat ini bisa menghasilkan alergen yang bisa menyebabkan reaksi alergi atau memicu asma, terutama pada anak-anak. Jadi, pelajari cara menyingkirkan Kecoa di rumah Anda dan jauhkan mereka dari keluarga Anda.

Cara mengusir kecoa di rumah

Kecoa tidak hanya dapat menyebabkan reaksi alergi atau memicu asma, mereka juga membawa mikroba dan bakteri di permukaannya, termasuk salmonella dan e. Coli. Bukan tidak mungkin membasmi kecoa dalam semalam. Menyingkirkan Kecoa dalam semalam tidak terlalu sulit jika Anda dapat menemukan tempat persembunyian dan mengapa ia sampai ke rumah Anda. Maka dari itu, jangan meremehkan keberadaannya yang berbahaya bagi kesehatan keluarga, dengan mencari tahu cara membasmi kecoa di bawah ini.

1. Menggunakan jasa pembasmi hama

Jika beberapa cara di atas untuk membasmi kecoa tidak berhasil, mungkin sudah waktunya untuk menyewa pembasmi. Dengan teknologi canggih dan pengusir kecoa, mereka dapat dengan mudah mengetahui di mana Kecoa bersembunyi dan membasminya dari rumah Anda. Sintetis merupakan solusi untuk membasi hama yang berada dilingkungan Anda.

2. Menjaga dan membersihkan sisa makanan

Makanan yang tidak dilindungi oleh penutup menjadi sasaran empuk bagi kecoa. Aroma makanan atau sisa makanan yang lezat dapat menarik perhatian kecoa. Karena itu, gunakan lemari asam untuk mengawetkan makanan, atau simpan dengan aman di lemari es. Selain itu, buanglah sisa makanan secara teratur ke dalam kantong plastik dan ikat dengan erat. Dengan cara ini, kecoa akan hilang dengan sendirinya karena tidak ada “serbuan” makanan.

3. Membersihkan rumah dari barang tidak terpakai

Kecoa adalah hewan yang pandai bertahan hidup. Tanpa makanan, hewan dapat memakan kertas, lem, dan debu. Maka dari itu, pastikan rumah telah bersih dari barang-barang yang sudah tak terpakai (seperti majalah yang sudah tak dibaca) agar kecoa tak betah lagi di rumah. Cara mengusir kecoa ini patut dicoba, sembari membersihkan rumah Anda.

4. Membersihkan genangan air

Kecoa tidak akan segan-segan datang ke rumah yang banyak genangan air dan area lembab. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membersihkan genangan air secara rutin atau memperbaiki kebocoran pipa di rumah (yang dapat menyebabkan kelembapan).

5. Menutup rapat-rapat “gerbang masuk” kecoa

Jika rumah Anda memiliki sudut-sudut yang sulit dijangkau, segera bersihkan dan cari lubang-lubang kecil yang sering menjadi “pintu masuk” kecoa. Seringkali, kecoa bisa masuk ke dalam rumah melalui lubang-lubang kecil, seperti yang ada di dinding atau pintu rumah.

6. Membuat perangkap dengan soda kue

Soda kue bisa digunakan untuk memancing kecoa keluar. Saat mencium aroma manis, kecoa akan datang untuk memakan makanan manis tersebut. Ini mungkin kesempatan Anda untuk mencampur makanan manis ini dengan soda kue, yang membunuh Kecoa. Cukup campurkan baking soda dengan makanan manis seperti madu atau gula dengan perbandingan 50% baking soda dengan 50% makanan manis. Taruh di tempat yang sering kecoa.

7. Menggunakan campuran boraks dan makanan manis

Prinsipnya masih sama dengan prinsip pemusnahan kecoa sebelumnya, yaitu mencampur makanan manis dengan hal-hal yang beracun bagi kecoa. Kali ini dengan boraks, ia membunuh Kecoa lebih cepat daripada soda kue. Jauhkan umpan mematikan ini dari anak kecil atau hewan peliharaan.

8. Menyemprotkan minyak atsiri (essential oils)

Cara menghilangkan kecoa secara alami juga bisa menggunakan minyak atsiri. Minyak atsiri digunakan untuk menenangkan pikiran dengan aroma harum itu. Minyak atsiri seperti tea tree, citronella atau peppermint sangat mengganggu kecoa. Cukup semprotkan minyak esensial langsung pada kecoa atau di sekitar “taman bermain” di rumah Anda.

9. Memasang perangkap lengket

Seperti tikus, kecoa memiliki akses ke perangkap lengket. Pertama, letakkan perangkap lengket ini di setiap sudut rumah agar Anda bisa mengetahui dari mana Kecoa itu berasal nanti. Tapi hati-hati jangan sampai anak-anak atau hewan peliharaan Anda jatuh ke dalam perangkap lengket ini.

10. Menyemprotkan pelicin pakaian

Pelumas pakaian biasanya disemprotkan pada pakaian sebelum disetrika. Ternyata, wewangian ini bisa digunakan untuk membasmi kecoa di rumah. Saat Anda melihat Kecoa berkeliaran di lantai atau di belakang lemari, semprotkan saja pelumas kain ini ke atasnya. Sebelum menyemprot, pastikan pelembut kain sudah tercampur dengan air dan masukkan ke dalam sprayer.

Tanda keberadaan kecoa

Kecoa sangat aktif di malam hari saat Anda dan keluarga sedang bermimpi. Tidak heran Anda kesulitan menemukan keberadaan mereka. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa tanda keberadaan kecoa di bawah ini untuk mengetahui keberadaan makhluk kecil ini di dalam rumah.

1. Jejak

Seringkali kecoa meninggalkan jejak saat berada di dekat rumah Anda. Jejak ini mungkin menyerupai bubuk kopi atau merica.

2. Tubuh kecoa yang telah mati

Kehadiran kecoa mati juga dapat menunjukkan bahwa rumah Anda telah “dijajah” oleh Kecoa.

3. Bau tak sedap

Jika kecoa masuk ke dalam rumah, mereka mungkin mencium bau yang tidak sedap. Terutama di tempat-tempat seperti dapur atau kamar mandi.

 

Baca juga:  7 Efek Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan Manusia

 

Jika Anda mengalami masalah seputar gangguan kecoa dan hama – hama lainnya disekitar Anda, Maka jangan ragu untuk menghubungi Sinttesis Profesional Pest Control.

<<HUBUNGI KAMI DI >>

Sinttesis memiliki beberapa kelebihan untuk mengefektikan hasil pelayanan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Penanganan Hama dan Wabah yang optimal.

  • Survey hama gratis.

  • Garansi disetiap pekerjaan.

  • Tenaga Ahli dan Teknis yang sudah disertifikasi.

  • Dipercaya oleh banyak instansi dan individu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.