Menggunakan Tanaman Untuk Mencegah Tikus di Rumah

Professional Pest Control

Menggunakan Tanaman Untuk Mencegah Tikus di Rumah

tanaman pengusir tikus

Menggunakan Tanaman Untuk Mencegah Tikus di Rumah – Tikus selalu menjadi hama yang cukup meresahkan, karena dia dapat merusak apapun yang ada disekitarnya. Selain itu tikus juga menjadi vektor pembawa penyakit yang cukup membahayakan manusia, contohnya adalah leptirosis. Sebagian orang hanya mengetahui bahwa untuk mengusir tikus di rumah hanya dapat dilakukan dengan menggunakan racun tikus atau mungkin dengan memasang jebakan, namun ternyata ada cara alami yang dapat dilakukan untuk mengusir tikus. Tidak perlu repot – repot untuk meracik bahan pengusir tikus atau membuat jebakan khusus untuk tikus tersebut. Apa itu cara alami yang dimaksud tersebut ?. Yaitu menggunakan tanaman – tanaman tertentu untuk mengusir tikus yang ada di rumah. Pertanyaan selanjutnya adalah, tanaman jenis apakah yang dapat digunakan untuk mengusir tikus ?.

Artikel Terkait : Pembasmi Tikus untuk Bisnis


Tanaman Pencegah Tikus Di Rumah

Berikut adalah jenis tanaman –  tanaman yang disinyalir dapat mengusir tikus :

1. Pappermint 

Mungkin sebagaian orang baru mengetahui bahwa pappermint adalah salah satu tanaman yang ditakuti oleh tikus. Tidak hanya tikus pappermint digadang – gadang ternyata ditakuti oleh hewan pengerat lainnya. Mengapa pappermint tidak disukai oleh tikus ?, karena papermint memiliki aroma yang menusuk hidung dan itu tidak disukai oleh tikus. Untuk pemakaian yang lebih efektif disarankan untuk membuat racikan daun pappermint yang dicampur dengan air. Kemudian disebarkan ke akses – akses jalan tikus masuk.

Pappermint

2. Bawang Putih

Menanam bawang putih juga ternyata memiliki keuntungan lain, yakni dapat menjadi alat untuk mengusir tikus. Bawang putih disini mengandung senyawa sulfur dengan bau yang cukup menyengat yang memang tidak disukai oleh tikus. Untuk memaksimalkan pemakaian tanaman bawang putih ini untuk mengusir tikus. Anda dapat lakukan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pada tanaman pappermint.

Cara Menanam Bawang Putih di Pekarangan dengan Benar | Bibit Online

3. Bunga Daffodil dan Lavender

Bunga – bunga ini memiliki aroma yang kuat yang tidak disukai oleh tikus.Bunga – bunga ini dapat Anda letakan dihalaman depan atau belakang rumah Anda untuk menghalau serangan tikus yang masuk dari luar. Fungsi lain sebagai pencegah tikus bunga – bunga ini dapat memperindah halaman atau lingkungan sekitar rumah Anda.

Daffodil and Lavender - License, download or print for £2.48 | Photos | Picfair

4. Tanaman Oregano

Oregano adalah salah satu jenis tanaman herbal dan bisa juga sebagai bahan penyedap. Selain dua fungsi itu ternyata oregano memiliki khasiat lain karena bau menyengat yang dimilikinnya. Fungsi lainnya tersebut adalah dapat mengusir tikus. Direkomendasikan untuk menanam oregano didepan pekarangan rumah Anda untuk menghalau serangan tikus dari luar.

tanaman herbal oregano | Shopee Indonesia

5. Tanaman Catnip

Tanaman yang biasa disukai oleh kucing ini ternyata memiliki fungsi lain yaitu dapat dijadikan sebagai pencegah tikus. Karena tanaman ini memiliki seperti pada pembahasan tanaman sebelumnya, memiliki aroma yang menyengat. Dengan menanam tanaman ini Anda dapat dua kelebihan yaitu kucing Anda termanjakan dan yang kedua adalah tikus enggan masuk ke rumah Anda. Jadi silahkan untuk menanam tanaman ini di area pekarangan Anda.

Mengenal Tanaman Catnip, dari Manfaat Hingga Efek Sampingnya | Orami

 

Artikel Terkait : Tantangan Manajemen Pengendalian Tikus

sumber artikel : www.kompas.com


 

Itulah beberapa tanaman yang digadang – gadang dapat menghalau tikus untuk masuk ke rumah Anda. Kebanyakan dari 5 tanaman – tanaman pengusir tikus diatas adalah memiliki bau yang menyengat. Mungkin ada banyak lagi tanaman – tanaman yang dapat dijadikan sebagai pengusir tikus dilingkungan Anda, yang jelas tanaman itu harus memiliki aroma yang cukup menyengat.

Sebagai catatan bahwa cara ini akan efektif pada lingkungan yang belum ada investasi tikus sebelumnya. Jadi jika ternyata Anda menemukan banyak investasi tikus sebelum dilakukan cara alami tersebut, maka cara alami tersebut tidak efektif untuk dilaksanakan. Silahkan untuk menghubungi Sinttesis Pest Control sebagai profesional pengendali hama yang berpengalaman, jika Anda memang menemukan banyak investasi tikus di lingkungan Anda. Sebelum hal – hal yang buruk terjadi pada lingkungan Anda.

Menggunakan Tanaman Untuk Mencegah Tikus di Rumah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.