7 Fakta Unik Tentang Rayap

Professional Pest Control

7 Fakta Unik Tentang Rayap

Apa itu Rayap?

Rayap dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial.

Penyebutan rayap mengacu pada hewannya secara umum, tapi terdapat beberapa bentuk berbeda, sebagaimana pada koloni semut atau lebah sosial. Dalam koloni, rayap tidak memiliki sayap.

Namun, beberapa rayap dapat mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan (sehingga sering kali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan) di petang hari dan beterbangan mendekati cahaya. Bentuk ini dikenal sebagai laron atau kelekatu.)

Dengan pemaparan hal tersebut Rayap memiliki beberapa fakta yang cukup unik untuk diketahui, antara lain;

1. Rayap Mencerna Selulosa Dengan Bantuan Mikroorganisme di Ususnya

Rayap memakan tanaman secara langsung atau jamur yang tumbuh pada bahan tanaman yang membusuk. Dalam kedua kasus, mereka harus mampu mencerna serat tanaman yang keras, atau selulosa .

Usus rayap sarat dengan mikroorganisme yang mampu memecah selulosa. Simbiosis ini menguntungkan rayap dan mikroorganisme yang hidup di dalam inang serangga mereka. Rayap menampung bakteri dan protozoa dan memanen kayu. Sebagai imbalannya, mikroorganisme mencerna selulosa untuk rayap.

2. Rayap Memakan Kotoran Satu Sama Lain

Rayap tidak dilahirkan dengan semua bakteri di usus mereka. Sebelum mereka dapat memulai kerja keras memakan pohon, rayap harus mendapatkan pasokan mikroorganisme untuk saluran pencernaan mereka.

Mereka melakukan praktik yang dikenal sebagai trophallaxis, atau, dalam istilah yang kurang ilmiah, mereka memakan kotoran satu sama lain . Rayap juga harus mensuplai diri mereka sendiri setelah mereka berganti kulit, sehingga trophallaxis adalah bagian besar dari kehidupan di gundukan rayap.

3. Rayap Hidup 130 Juta Tahun Lalu dan Memiliki Leluhur Seperti Kecoa

Rayap, kecoa , dan mantid semuanya memiliki nenek moyang yang sama dalam serangga yang merayapi Bumi sekitar 300 juta tahun yang lalu. Catatan fosil menunjukkan spesimen rayap paling awal berasal dari periode Kapur .

Rayap juga memegang rekor untuk contoh mutualisme tertua di antara organisme. Rayap berusia 100 juta tahun dengan perut yang pecah terbungkus dalam damar , bersama dengan protozoa yang hidup di ususnya.

4. Ayah Rayap Membantu Membesarkan Anaknya

Anda tidak akan menemukan ayah pecundang di gundukan rayap. Tidak seperti di koloni lebah , di mana jantan mati segera setelah kawin, raja rayap bertahan. Setelah penerbangan pernikahan mereka, raja rayap tinggal bersama ratunya, membuahi telurnya sesuai kebutuhan.

Dia juga berbagi tugas sebagai orang tua dengan ratu, membantunya memberi makan anak-anak mereka yang sudah dicerna sebelumnya.

5. Pekerja Rayap dan Prajurit Hampir Selalu Buta

Di hampir semua spesies rayap, baik pekerja maupun tentara di suatu koloni tertentu buta. Karena individu-individu yang rajin ini menghabiskan hidup mereka dalam batas-batas sarang yang gelap dan lembab, mereka tidak perlu mengembangkan mata yang fungsional.

Rayap reproduksi adalah satu-satunya rayap yang membutuhkan penglihatan karena mereka harus terbang untuk mencari pasangan dan tempat bersarang baru.

6. Prajurit Rayap Membunyikan Alarm

Prajurit rayap membentuk lubang logam berat terkecil di dunia saat bahaya datang ke sarangnya. Untuk membunyikan alarm, tentara membenturkan kepala mereka ke dinding galeri untuk mengirimkan getaran peringatan ke seluruh koloni.

7. Petunjuk Isyarat Kimiawi Sebagian Besar Komunikasi di Koloni Rayap

Rayap menggunakan feromon aroma kimia khusus untuk berbicara satu sama lain dan mengendalikan perilaku satu sama lain. Rayap meninggalkan jejak aroma untuk memandu pekerja lain menggunakan kelenjar khusus di dada mereka. Setiap koloni menghasilkan aroma yang berbeda, diidentifikasi oleh bahan kimia pada kutikula mereka.

Pada beberapa spesies, ratu bahkan dapat mengontrol pertumbuhan dan peran anak-anaknya dengan memberi mereka makan kotorannya yang sarat feromon.

Sebagai tambahan bawa rayap sebenarnya adalah pengurai penting. Mereka memecah serat tanaman yang keras, mendaur ulang pohon yang mati dan membusuk menjadi tanah baru. Serangga lapar ini sangat penting bagi kesehatan hutan kita. Saat mereka membuat terowongan, rayap juga menganginkan dan memperbaiki tanah. Kebetulan kami membangun rumah kami dari makanan rayap kayu.

Khawatir mengenai Rayap? Hubungi kami di 081317751203 untuk rumah dan tempat usaha Anda. Alternatif lain Anda dapat menghubungi kami di sini untuk membuat janji. Para Teknisi ahli kami akan menjadwalkan pemeriksaan untuk menilai masalah Tikus dan merekomendasikan cara yang tepat untuk mengusir mereka.

JIKA ANDA MENGALAMI GANGGUAN HAMA DISEKITAR ANDA. JANGAN RAGU UNTUK MENGHUBUNGI KAMI . . . !

 

Dalam menjaga ke-optimalan performa dari pelayanan Sinttesis. Kami memberikan beberapa kelebihan diantaranya adalah :

  • Penanganan hama dan wabah yang maksimal.

  • Survei hama gratis.

  • Garansi pada setiap pekerjaan yang dilakukan.

  • Teknisi dan Tenaga Ahli yang berpengalaman.

  • Dipercaya oleh banyak instansi besar maupun individu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.