Cara Mengendalikan Hama pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Professional Pest Control

Cara Mengendalikan Hama pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan

TIps - Tips Pengendalian Hama Pada Fasilitas Kesehatan

Cara Mengendalikan Hama pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan – Fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, fasilitas perawatan jangka panjang dan pusat perawatan medis darurat dan fasilitas rehabilitasi fisik atau mental. Menghadapi banyak tantangan untuk memastikan bahwa fasilitas kesehatan yang mereka kelola memenuhi persyaratan dengan tingkat sanitasi tertinggi.

Karena hama menimbulkan sejumlah ancaman kesehatan melalui penyebaran bakteri dan kontaminasi pada peralatan medis. Memastikan bahwa fasilitas tetap bebas hama adalah salah satu tantantangan bagi pengelola kesehatan.

Seiring dengan bertambahnya ukuran fasilitas, maka akan bertambah pula faktor risiko serangan hama. Seperti contohnya pada dapur yang lebih besar, dapur yang lebih besar akan aktivitas pengolahan makanan yang intens dan menghasilkan lebih banyak makanan yang disajikan.  Faktor lain selain besarnya fasilitas adalah termasuk kondisi populasi atau lingkungan yang ada dan kompleksitas organisasi pembuat keputusan.

Cara terbaik dan sederhana untuk mencegah masalah hama adalah pertama kita harus memahami bagaimana hama mendapatkan akses, hama apa yang paling bermasalah, di mana infestasi paling mungkin berkembang dan bagaimana mencegahnya.

Baca Juga : Cara Memilih Jasa Pembasmi Hama yang Baik


> Memahami bagaimana hama mendapatkan akses

Masalah hama fasilitas kesehatan dapat terjadi karena adanya hama yang masuk dari lingkungan sekitar; atau dari mereka yang berada di dalam ruangan. Biasanya hama yang dibawa ke dalam fasilitas dibawa oleh pengunjung atau staf melalui pakaian, makanan, bunga, atau barang lainnya. Meskipun mungkin sulit untuk membendung masuknya hama oleh pengunjung, mendidik semua staf tentang pencegahan di dalam fasilitas dapat mengurangi masalah.

Pertama dan terpenting, profesional fasilitas kesehatan harus menerapkan langkah-langkah pengecualian untuk menghentikan masuknya hama melalui lingkungan sekitar. Misalnya, pintu masuk fasilitas harus ditutup setiap saat dan harus dirancang untuk mengurangi atau mencegah masuknya hama terbang. Demikian juga, jendela harus disaring dengan benar dan celah – celah lainnya ditutup dengan benar untuk mencegah titik masuk.

Para profesional fasilitas juga harus ingat bahwa cuaca yang lebih dingin cenderung mendorong banyak hama ke dalam ruangan, seperti tikus. Ini biasanya terjadi melalui bukaan celah celah struktur rumah dan melalui vegetasi, seperti semak atau pohon, yang ditanam di dekat bangunan. Pemangkasan lenscape dapat mencegah hewan pengerat memiliki akses mudah ke tingkat atas, jendela dan atap.

Sistem perpipaan yang tidak dirawat dengan baik juga dapat dengan mudah menarik hama seperti kecoa dan lalat yang mencari kelembapan. Setiap pipa dengan kebocoran atau pengembunan dapat menimbulkan masalah, seperti halnya saluran pembuangan kamar mandi dan dapur yang tersumbat. Memperbaiki dan mengencangkan saluran pembuangan pada lantai, dan mendempul setiap titik masuk di sekitar pipa dapat menghentikan kecoak, lalat, dan hewan pengerat.

Jalur akses mudah lainnya untuk hama adalah melalui pengiriman makanan. Dengan menetapkan protokol mengenai aliran makanan di seluruh fasilitas merupakan komponen penting dari program pengelolaan hama secara keseluruhan. Misalnya, karyawan yang melayanani pengirman makanan harus memeriksa semua pengiriman makanan dari hama atau tanda-tanda hama yang sebenarnya, seperti kotoran atau kemasan dan makanan yang rusak. Kotak kardus tempat makanan dikirim harus dipecah dan segera dibuang dari fasilitas.

Selain itu, makanan yang disimpan harus disimpan di rak di lantai dan jauh dari dinding. Staf dapur harus memeriksa bahan makanan tersebut setidaknya dua kali sebulan dan melaporkan tanda-tanda kutu kepada profesional fasilitas. Selain itu, staf dapur harus memastikan bahwa permukaan dapur, tempat di bawah rak, peralatan bersih dan bebas dari sisa makanan dan kelembapan.

Akhirnya, hama bermasalah seperti kutu busuk dapat diangkut pada pakaian orang, di tas dan dompet, dan melalui pengumpulan cucian. Mendidik staf binatu dan tata graha sangat penting dalam menemukan masalah sebelum serangan yang parah berakar.

Sementara area-area ini berada pada risiko infestasi tertinggi di dalam fasilitas perawatan kesehatan, area-area berikut juga dianggap sebagai hot spot dan memerlukan kewaspadaan: ruang ganti dan istirahat karyawan, lemari kebersihan, area layanan makanan, restoran, kedai kopi dan makanan ringan, area mesin penjual otomatis, gerobak makanan, perabotan samping tempat tidur di kamar pasien, saluran pembuangan lantai dan area wastafel, kamar bedah, ruang otopsi, dan  tempat pembuangan sampah.

Baca Juga : Perlindungan Fasilitas Kesehatan Terhadap Hama


Permasalahan Hama

Meskipun ada banyak alasan mengapa infeksi sekunder dapat terjadi di fasilitas perawatan kesehatan, namun umumya pembawa bakteri kebanyakan adalah dari hama itu sendiri, yang dapat secara langsung atau tidak langsung berdampak pada pasien baik melalui kontak pribadi atau melalui kontaminasi peralatan, persediaan, dan permukaan di berbagai bagian fasilitas.

Hama berikut menghadirkan risiko kesehatan tertinggi:

Kecoak. Kecoa menyebarkan hampir 33 jenis bakteri, enam jenis cacing parasit dan setidaknya tujuh jenis patogen manusia lainnya. Sebagai vektor penyakit, kecoa sering membawa bakteri seperti Escherichia coli dan Salmonella pada tubuhnya, yang tidak hanya mencemari makanan, peralatan memasak dan permukaan persiapan makanan, tetapi juga mengganggu lingkungan steril ruang operasi dan kebersihan ruang pemeriksaan dan ruang pasien. . Kecoa juga bertanggung jawab untuk meningkatkan keparahan asma dan gejala alergi dalam ruangan, terutama pada anak-anak dan orang tua. Kecoa paling mungkin ditemukan di ruang ganti dan istirahat, area layanan makanan, restoran dan bar makanan ringan, area mesin penjual otomatis, gerobak makanan, saluran air lantai dan area wastafel, unit perawatan intensif (ICU), dialisis ginjal dan ruang otopsi serta dermaga pemuatan dan tempat pembuangan sampah.

Hewan pengerat. Hewan pengerat dapat memasuki bangunan melalui hampir semua lubang atau celah yang lebih besar. Begitu masuk, hewan pengerat dapat menyebabkan kerusakan struktural karena mereka dapat mengunyah papan dinding, kardus, kayu dan plester dan kabel listrik. Hal ini tentu saja meningkatkan potensi risiko kebakaran. Selain itu, hewan pengerat juga buang air besar secara terus-menerus dan dapat dengan mudah mencemari setiap dan semua permukaan makanan atau yang disajikan. Fasilitas profesional harus memeriksa kotoran hewan pengerat, terutama di area seperti dapur kafetaria, area penyimpanan, dan di sepanjang dinding. Hewan pengerat biasanya ditemukan di ruang cuci, area layanan makanan, gerobak makanan, dan area pembuangan sampah.

Semut. Semut adalah serangga sosial. Oleh karena itu, melihat satu semut berarti memberikan pertanda bahwa adanya koloni semut disuatu tempat. Sementara semut dapat mencemari makanan dan permukaan makanan, spesies semut yang paling mengkhawatirkan dalam fasilitas kesehatan adalah semut firaun. Semut ini dapat menyebarkan lebih dari selusin patogen penyakit termasuk Salmonella dan Streptococcus pyogenes. Semut dapat ditemukan di berbagai ruangan seperti ICU, ruang otopsi, dll

Lalat. Lalat diketahui membawa lebih dari 100 jenis kuman penyebab penyakit. Mereka mencemari makanan dan permukaan dengan menyebarkan organisme penyakit yang menempel di silla di tubuh mereka dan melalui air liur mereka yang digunakan untuk memecah makanan. Mereka juga buang air besar terus-menerus. Menjaga wadah sampah tetap tertutup dan sebersih mungkin, membuang sampah sesering mungkin dan menjaga area makanan tetap bersih dan bebas dari sisa makanan sangat membantu dalam menjauhkan hama kotor ini. Mereka dapat ditemukan di hampir setiap bagian dari fasilitas perawatan kesehatan, termasuk area layanan makanan, gerobak makanan, ICU dan ruang bedah, ruang otopsi, ruang cuci, dan area pembuangan sampah.

Kutu busuk.  Sebuah survei tahun 2013 yang dilakukan oleh National Pest Management Association dan University of Kentucky menemukan bahwa 33 persen profesional pengendalian hama telah melakukan pengendalian kutu busuk di rumah sakit, sementara 46 persen melakukannya di panti jompo. Meskipun kutu busuk tidak dianggap sebagai vektor penyakit, gigitannya dapat menyebabkan gatal, bekas merah dan kehadirannya dapat menyebabkan kecemasan dan sulit tidur. Dalam beberapa kasus, pasien juga dapat mengalami infeksi sekunder yang disebabkan oleh garukan pada gigitan dan menyebabkan trauma kulit, yang memungkinkan masuknya infeksi. Karena kutu busuk dan telurnya menumpang di tas, sepatu, dan orang, mereka dengan mudah dapat dibawa ke fasilitas perawatan kesehatan. Kutu busuk paling sering ditemukan di tempat tidur kamar pasien, dan furnitur ruang tunggu.

Artikel Terkait  : Pest Control Pada Fasilitas Kesehatan Jabodetabek 


Pengendalian Hama Proaktif

Pencegahan dan pengelolaan hama tidak dapat dipandang tidak terkait dengan keselamatan dan kebersihan fasilitas perawatan kesehatan secara keseluruhan. Sebaliknya, itu harus dilihat sebagai hal yang kritis untuk mencapai tujuan-tujuan ini. Membangun program manajemen hama profesional yang efektif adalah investasi dalam kesehatan pasien dan staf serta investasi dalam menjaga reputasi publik yang baik.

Manfaat dari program manajemen hama profesional seringkali jauh lebih besar dari pada biaya yang harus dikeluarkan, hal ini dapat menghemat dana karena tindakan pencegahan proaktif yang diterapkan.


Kiat – Kiat untuk Profesional Pengelola Fasilitas Kesehatan

Upaya pencegahan hama yang berhasil melibatkan setiap tingkat karyawan perawatan kesehatan dan setiap bagian dari fasilitas kesehatan. Beberapa tips – tips umum yang diperoleh dari materi yang dirilis oleh National Pest Management Association dan Armed Forces Pest Management Board adalah sebagai berikut:

• Temukan dan hilangkan sumber kelembapan di berbagai area pemipaan, seperti pipa bocor dan saluran air tersumbat.

• Jaga agar makanan tetap tertutup dan disimpan dengan benar, terutama di dapur dan kafetaria.

• Bersihkan area bervolume tinggi seperti area makan umum dan dapur dari remah-remah, sisa makanan, dan sampah cenderung menumpuk setiap hari.

• Buang sampah secara teratur dan simpan dalam wadah tertutup atau tempat sampah.

• Periksa kotak penyimpanan makanan sebelum disimpan di dapur.

• Jaga agar area penyimpanan tetap kering dan berventilasi baik.

• Tutup celah dan lubang di bagian luar gedung, termasuk titik masuk untuk utilitas dan pipa.

• Memperbaiki kayu bagian luar yang lapuk pada bangunan karena beberapa serangga tertarik pada kayu yang lapuk.

• Carilah kotoran hewan pengerat di berbagai area termasuk area yang tidak terganggu seperti lemari dan tempat penyimpanan.

• Pangkas atau singkirkan vegetasi apa pun, seperti tanaman, semak, dan pohon, dan jauhkan setidaknya dua kaki dari bangunan.

• Periksa secara teratur apakah ada penyumbatan saluran pembuangan dapur serta di bawah peralatan seperti lemari es dan freezer.

• Pastikan bahwa semua jalan masuk, tetap tertutup dan tidak pernah disangga terbuka.

• Gunakan lampu uap natrium di sekitar bagian luar fasilitas, bukan lampu neon, yang cenderung menarik serangga terbang. Jika lampu neon harus digunakan, lampu tersebut harus dipasang setidaknya 100 kaki dari bangunan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *