Fakta Menarik Semut yang Jarang Kita Ketahui

Professional Pest Control

Fakta Menarik Semut yang Jarang Kita Ketahui

1. Semut tidak memiliki paru-paru

Karena ukurannya yang kecil, semut tidak memiliki ruang untuk mengakomodasi sistem pernapasan yang kompleks seperti kita. Sebaliknya, mereka memiliki cara pernapasan mereka sendiri untuk membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh mereka.

Bagaimana cara semut bernafas?

Semut menghirup oksigen melalui spirakel yang merupakan rangkaian lubang yang terletak di sisi tubuh mereka. Spirakel terhubung melalui jaringan tabung yang membantu mendistribusikan oksigen ke hampir setiap sel di tubuh mereka.

Gerakan semut membantu oksigen bersirkulasi melalui tabung, dengan karbon dioksida yang dilepaskan keluar melalui tabung tersebut juga.

2. Semut tidak punya telinga

Tidak seperti hama lain seperti tikus, semut tidak memiliki telinga. Tapi itu tidak berarti mereka tuli.

Bagaimana semut mendengar?

Semut menggunakan getaran untuk mendengar, menggunakannya saat mencari makanan atau sebagai sinyal alarm. Semut menggunakan getaran di tanah untuk mendengar dengan mengambilnya di organ subgenual yang terletak di bawah lutut.

3. Ada banyak semut di dunia

Ungkapan “banyak” adalah pernyataan yang meremehkan ketika menggambarkan jumlah semut yang ada saat ini. Sebagai perbandingan, diperkirakan ada sekitar 1 juta semut untuk setiap 1 manusia di dunia.

Semut telah cukup banyak menaklukkan seluruh dunia. Dengan pengecualian Antartika, Kutub Utara, dan beberapa pulau, setidaknya ada satu spesies semut asli yang ditemukan di setiap benua.

Ahli entomologi Ted Schultz mengatakan bahwa kehadiran semut di seluruh dunia “bisa dibilang merupakan kisah sukses terbesar dalam sejarah metazoa terestrial.”

4. Beberapa spesies semut adalah aseksual

Alih-alih mengikuti rute reproduksi tradisional, beberapa semut Amazon telah mengambil untuk bereproduksi melalui kloning. Dilaporkan bahwa ratu semut menggandakan diri untuk menghasilkan anak perempuan secara genetik, menghasilkan koloni tanpa semut jantan.

5. Semut seperti petani

Sama seperti kita memelihara sapi, domba, babi, ayam, dan ikan untuk mendapatkan sumber makanan, semut akan melakukan hal yang sama dengan serangga lainnya. Kejadian yang paling umum dari ini adalah dengan kutu daun.

Semut akan melindungi kutu daun dari pemangsa alami, dan melindungi mereka di sarang mereka dari hujan deras untuk mendapatkan pasokan melon yang konstan.

6. Semut punya dua perut

Benar, semut punya dua perut, dan itu bukan karena mereka rakus. Salah satu perutnya untuk menampung makanan untuk dikonsumsi sendiri, dan yang kedua untuk menampung makanan untuk dibagikan dengan semut lain.

Proses ini dikenal sebagai trofalaksis dan memungkinkan koloni semut bekerja dengan sangat efisien. Ini memungkinkan semut yang mencari makanan untuk memberi makan mereka yang tinggal di belakang dan melakukan tugas ratu dan sarang.

7. Semut bisa berenang

Nah, tidak semua semut bisa berenang, itu tergantung spesiesnya. Mereka belum menguasai gaya kupu-kupu atau gaya dada, tetapi mereka memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di air dengan menggunakan dayung doggy versi mereka sendiri, dan juga dapat mengapung untuk waktu yang lama.

Sederhananya, semut adalah penyintas yang luar biasa. Mereka tidak hanya dapat menahan napas di bawah air untuk waktu yang lama, tetapi mereka juga akan membuat sekoci untuk bertahan dari banjir. Ini bisa sangat berbahaya jika semut api melakukan ini.

Baca Juga : Fakta Menarik Semut

Sinttesis Jasa Pembasmi Semut Profesional 

Sinttesis sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengendalian hama, menyediakan jasa pengendalian hama lengkap, disinfeksi dan fumigasi. Sinttesis akan memberikan pelayanan prima bagi siapa saja yang mempercayakan masalah hama dan organisme penganggu kepada kami.

  • Survey hama gratis.

  • Garansi disetiap pekerjaan yang dilakukan.

  • Komitmen menanggulangi permasalahan.

  • Teknisi dan tenaga ahli yang berpengalaman.

  • Telah dipercaya oleh Institusi maupun Individu untuk menangani permasalahan hama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.