Kehidupan Rayap

Professional Pest Control

Kehidupan Rayap

Layaknya manusia ternyata rayapun memiliki kehidupan sosial. rayap hidup secara berkoloni. Sebuah koloni rayap dimulai dari sepasang laron betina dan jantan yang melakukan perkawinan. Rayap dikelompokan dalam kasta pekerja, kastra prajurit, dan kasta reproduktif.

Dalam menjalani hidup, rayap mempunyai sifat kanibalistik. Serangga yang bermata buta dan tampak lemah itu mampu memakan rayap dari kasta lain. Rayap dari kasta pekerja tak akan sungkan memakan rayap dari kasta prajurit yang diangap sudah tua dan tak sanggup lagi menjaga sarangnya. Demikian juga dengan rayap betina dan jantan – tanpa kecuali rayap ratu dan raja – yang dianggap tidak mampu lagi menjalankan fungsinya untuk melahirkan keturunan akan dimangsa.

Di samping itu, rayap mempunyai sifat selalu menyembunyikan diri. Rayap hidup dalam tanah. Bila rayap terpaksa berjalan di permukaan tanah atau tempat terbuka, mereka membuat pipa pelindung dari bahan tanah atau humus. Dalam hal prilaku makan, rayap menyukai makan berbagai jenis kayu.

Rayap memiliki mata yang besar, tapi tidak dapat melihat. Dalam kebutaannya, rayap menggunakan feromon, yaitu sejenis bahan kimia yang sangat kecil, halus, dan keluar dari bawah perutnya untuk melakukan komunikasi. Dengan feromon rayap memanggil kawannya, memandu jalan, dan bercinta. Dari berbagai jenis feromon yang dikandungnya, ada yang disebut pelacak jejak.

Di atas telah disebutkan bahwa rayap sebagai serangga sosial berada dalam koloninya. Hal ini disebabkan rayap dalam koloninya menemukan bahan-bahan dan proses-proses yang dapat menjamin kelangsungan hidupnya. Sedangkan laron adalah rayap dewasa yang kelak menjadi “ratu” dan “raja”. Laron adalah salah satu tahap dalam perkembangan rayap. Laron besarnya sama sebutir beras. Sedangkan seekor ratu besar tubuhnya sebesar ibu jari tangan dan kaki manusia dewasa. Seekor ratu rayap dapat hidup enam sampai 20 tahun. Bahkan umur ratu rayap bisa lebih dari itu.

Cegah akibat dan dampak rayap yang dapat membuat rumah atau bagunan anda keropos. Bersama kami Sintesis yang melayani jasa pest control profesional yang menggunakan metode efektif dan tepat dalam menangkal serangan hama yang merugikan

hubungi kami
02517553361 (office)
Atau chat via wa lewat :
081317751203

Ruko Griya Cibinong Indah 2 Blok A1 no.17, Jalan Roda Pembangunan Blok CI No.2, Nanggewer, Cibinong, Nanggewer, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16912

Leave a Reply

Your email address will not be published.