Jenis – Jenis Rayap yang ada di dunia

Professional Pest Control

Jenis – Jenis Rayap yang ada di dunia

Kemampuan rayap melakukan adaptasi yang tinggi terhadap kondisi lingkungan menyebabkan penyebaran rayap di dunia menjadi sangat luas. Di daerah tropika, rayap ditemukan mulai dari pantai sampai ketinggian 3000 m di atas permukaan laut. Penyebaran ke daerah temperate telah berlangsung hingga mencapai batas 50 derjat LU dan 50 derajat LS (Nandika et al. 2003). Hingga saat ini di dunia terdapat lebih dari 2500 jenis rayap yang terbagi ke dalam tujuh famili, 15 subfamili, dan 200 genus. Pembagian famili dan sub-famili rayap adalah sebagai berikut  :
1. Mastotermitidae
2. Kalotermitidae
3. Hodotermitidae
Termopsinae
Stolotermitinae
Porotermitinae
Cretatermitinae (fosil)
Hodotermitinae
4. Rhinotermitidae
Psammotermitinae
Heterotermitinae
Stylotermitinae
Coptotermitinae
Termitogetoninae
Rhinotermitinae
5. Serrytermitidae
6. Termitidae
Amitermitinae
Termitinae
Macrotermitinae
Nasutitermitinae

Famili Kalotermitidae termasuk golongan rayap yang paling primitif diantara jenis-jenis rayap yang terdapat di Indonesia. Pada koloninya tidak terdapat kasta pekerja, tugas mengumpulkan makanan dan merawat sarang dilakukan oleh larva dan nimfa yang sudah tua. Dari cara hidupnya, rayap ini dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu rayap kayu lembab, rayap pohon dan rayap kayu kering. Sedangkan pada famili Rhinotermitidae dan Termitidae lebih dikenal dengan rayap subteran dan cara hidupnya yang banyak memiliki persamaan satu sama lainnya. Pusat sarang umumnya terdapat dalam tanah, walaupun sarangnya dibuat di dalam kayu, humus atau sampah yang terdapat dalam tanah. Serangan rayap ini dapat mencapai tempat yang jauh dan untuk melindungi tubuh yang kryptobiotik (tidak suka cahaya) maka dibuat liang kembara yang berbentuk pipih, dibuat di atas tanah, tembok atau kayu menuju ke objek serangan. Beberapa jenis rayap subteran membangun gundukan tanah sebagai sarangnya dan selalu memiliki hubungan dengan sumber air. Anggota penting dari famili Rhinotermitidae di Indonesia adalah genus Coptotermes, sedangkan dari famili Termitidae adalah Macrotermes dan Nasutitermes.

Tingkatkan pengamanan terhadap kesehatan, bisnis, aktivitas, keluarga, teman dan lingkungan anda terhadap rayap dan hama – hama lain yang mengganggu. Bersama Sinttesis Pest Control dengan metode khusus yang aman dan efektif.

Hubungi kami
02517553361 (office)
Atau chat via wa lewat :
081317751203

Kami melayani survey hama secara gratis untuk mengetahui potensi serangan hama yang ada di lokasi dan jenis penanganannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.