Bahaya Penyakit PES bagi Indonesia dan Dunia

Professional Pest Control

Bahaya Penyakit PES bagi Indonesia dan Dunia

Penyakit pes merupakan salah satu penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang menyerang hewan rodensia tetapi dapat menular ke manusia melalui gigitan pinjal. Masyarakat awam kurang menyadari bahwa penyakit ini ada kemungkinan bisa diderita oleh manusia modern pada masa sekarang. Anggapan semacam ini perlu diperbaharui, karena sejarah telah membuktikan bahwa penyakit ini pernah menjadi wabah di berbagai belahan dunia serta telah menelan banyak korban yang meninggal akibat penyakit ini, dengan jumlah korban yang mencapai ribuan di setiap kasus wabah.

Penyakit pes disebabkan oleh enterobakteria yang bernama Yersinia pestis, dan nama ini diambil dari nama seorang ahli bakteri berkebangsaan Prancis yaitu AJE Yersin. Bakteri ini disebarkan oleh sejenis hewan pengerat dan dalam banyak permukiman di berbagai negara di seluruh dunia. Tikus merupakan jenis hewan pengerat yang cukup akrab ditemui sebagai penyebab penyakit pes.

Penyakit pes termasuk penyakit re-emerging diseases, yaitu penyakit yang dapat sewaktu-waktu muncul kembali sehingga berpotensi untuk menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB). Pemerintah Indonesia maupun dunia menetapkan penyakit pes menjadi salah satu penyakit karantina seperti yang tercantum dalam UU No.1 tahun 1962 tentang Karantina Laut, UU No.2 yahun 1962 tentang Karantina Udara, dan tercatat dalam Internasional Health Regulation. Penyakit Pes juga termasuk dalam Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau Kedaruratan Kesehatan yang meresahkan dunia. Terdapat empat wilayah provinsi di Indonesia yang menjadi daerah pengawasan pes, yaitu di Ciwidey Kabupaten Bandung (Jawa Barat), Kecamatan Selo dan Cepogo, Kabupaten Boyolali (Jawa Tengah), di Kecamatan Tutur, Tosari, Puspo, dan Pasrepan Kabupaten Pasuruan (Jawa Timur), dan Cangkringan Kabupaten Sleman (Yogyakarta).

Sumber :

Dyah Mahendrasari Sukendra, FIK, Unnes

Tingkatkan pengamanan terhadap kesehatan, bisnis, aktivitas, keluarga, teman dan lingkungan anda terhadap tikus dan hama – hama lain yang mengganggu. Bersama Sinttesis Pest Control dengan metode khusus yang aman dan efektif.

Hubungi kami
02517553361 (office)
Atau chat via wa lewat :
081317751203

Kami melayani survey hama secara gratis untuk mengetahui potensi serangan hama yang ada di lokasi dan jenis penanganannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.