Standard Good Maufacturing Practices untuk Industri

Professional Pest Control

Standard Good Maufacturing Practices untuk Industri

Standar Good Manufacturing Practices adalah standar yang biasa digunakan pada industri makanan. Standar tersebut ada untuk menjaga mutu dan kualitas hasil produksi, baik yang ada kaitannya langsung dengan produk maupun manajemen pengelolaannya. Bidang usaha makanan atau produk harus memenuhi standar ini guna untuk memberikan kepercayaan pada konsumen (masyarakat) akan kualitas hasil produknya. Selain itu juga berguna untuk meningkatkan standar mutu bidang usaha makanan tersebut. Jika bidang usaha makanan tersebut menerapkan standar GMP ini dan diakui, maka akan menjadi suatu keuntungan bagi bidang usaha makanan tersebut untuk meningkatkan keuntungan industri tersebut dalam hal pemasaran, kredibilitas dan kualitas hasil produk.

 

Kegunaan Penerapan Standar Industri Makanan untuk Pemerintah

Kegunaan – kegunaan penerapan standar ini dapat dapat bermanfaat tidak hanya bagi si pemilik bisnis, tetapi dapat juga untuk pemerintah. Diantaranya adalah :

  • Meliindungi konsumen dari penyakit atau kerugian yang diakibatkan oleh makanan yang tidak memenuhi persyaratan.
  • Memberikan jaminan pada konsumen bahwa makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang layak.
  • Mempertahankan atau meningkatkan kepercayaan terhadap makanan yang diperdagangkan secara Internasional.
  • Sebagai bahan acuan dalam program pendidikan kesehatan dibidang makanan kepada industri dan konsumen.

 

Menghasilkan Standar Mutu Terbaik Menurut GMP

Ada tiga kriteria untuk memenuhi standar ini guna memenuhi persyaratan sebagai industri yang menerapkan standar GMP. Diantaranya adalah :

  • Kriterian (Persyaratan Bangunan dan Fasilitas Lain)
  • Standar (Bahan Baku dan Produk serta komposisi produk)
  • Kondisi (Parameter proses pengolahan)

 

Ruang Lingkup Standar Industri Makanan (GMP)

Ruang lingkup untuk menerapkan standar GMP bagi Industri makanan diantaranya bangunan dan fasilitas unit usaha, fasilitas dan kegiatan sanitasi, PENGENDALIAN HAMA, hygiene karyawan, pengendalian proses, manajemen pengawasan, pencatatan dan dokumentasi, lingkungan dan lokasi.

 

Pengendalian Hama untuk Menerapkan Standar GMP

Ruang Lingkup Standar GMP Salah Satunya adalah pengendalian hama, diantaranya adalah pengawasan atas barang atau bahan yang masuk untuk mengantisipasi bahan yang sudah terserang hama, menutup lubang dan saluran yang memungkinkan masuknya hama, Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, mencegah hewan piaraan berkeliaran pada unit usaha.

Namun saat ini telah hadir bidang usaha dibidang pengendalian hama (SINTTESIS PEST CONTROL) untuk mengatasi segala macam permasalahan hama disektor industri, perumahan dan komersil. Sekaligus menjadi jasa pendampingan untuk meningkatkan standar mutu industri pada bidang penanganan hama.

Hubungi kami
02517553361 (office)
Atau chat via wa lewat :
081317751203

UNTUK INFO LEBIH LANJUT

UNTUK INFO LEBIH LANJUT (SINTTESIS)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.