Cara Mengidentifikasi Lalat Dan Bahayanya

Professional Pest Control

Cara Mengidentifikasi Lalat Dan Bahayanya

Cara Mengidentifikasi Lalat Dan Bahayanya – Jika Anda tinggal di daerah yang banyak lalat, penting untuk mengetahui cara mengidentifikasinya dan apa bahayanya. Ada banyak jenis lalat dan ukurannya bervariasi. Misalnya, lalat rumah biasa berwarna hitam dengan dua garis kuning di sepanjang perutnya. Salah satu cara yang baik untuk mengidentifikasi lalat adalah dengan mengidentifikasi bagian paruh atau mulut di kepalanya.

Lalat ditemukan di seluruh dunia. Sekitar 1.000.000 spesies di antaranya ada di seluruh dunia. Jumlah mereka melebihi manusia karena terdapat 17 juta lalat untuk setiap orang di Bumi. Meskipun lalat mempunyai masa hidup yang pendek, sekitar 15-25 hari, mereka berkembang biak dengan cepat dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi manusia dan hewan.

Hama ini terkenal sebagai pembawa berbagai penyakit dan beberapa di antaranya bisa berakibat fatal. TBC, salmonella, dan malaria hanyalah beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat ke manusia melalui kontaminasi makanan.

Lalat hidup dan berkembang biak di luar rumah Anda. Mereka bisa bertelur di kotoran, tumpukan kompos, tong sampah, dan makanan busuk. Lalat rumah berkembang biak dengan cepat dalam jumlah besar dibandingkan spesies lainnya.

Baca juga: Tips Membasmi Lalat Secara Cepat, Praktis dan Mudah

Meskipun terdapat jutaan spesies lalat, spesies lalat yang paling umum di Jabodetabek adalah lalat rumah, lalat buah, dan lalat kuda. Anda mungkin akan menemukan lalat rumah dan lalat buah di dalam ruangan, namun lalat kuda biasanya mencari makan di luar ruangan.

Lalat Rumah

Lalat jenis ini memiliki empat garis hitam di bagian dada dan biasanya berwarna abu-abu. Mereka mempunyai mata merah majemuk, tubuh sedikit berbulu, dan sepasang sayap. Panjangnya sekitar 1/8 hingga 1/4 inci dan tidak memiliki alat penyengat atau gigi.

Lalat mungkin tidak menggigit atau menyengat tetapi mereka dapat menularkan penyakit dengan membawa lebih dari 100 patogen berbeda yang mereka peroleh dari kotoran, sampah, dan bahan-bahan yang membusuk. Mereka dapat menularkan kuman penyebab penyakit ini dengan mendarat atau buang air besar pada makanan dan air Anda.

Lalat Kuda

Salah satu jenis lalat yang biasa mengganggu kuda dan hewan lainnya, lalat kuda ditemukan di daerah pedesaan dan pinggiran kota. Mereka suka tinggal di tempat dekat perairan yang sering ditemukan mamalia karena memiliki akses cepat ke sumber makanan dan tempat berkembang biak.

Lalat kuda tumbuh sepanjang 30 mm dan memiliki tubuh berwarna keabu-abuan atau kehitaman. Mereka memiliki mata besar berwarna hijau atau ungu dengan garis-garis horizontal. Sayap mereka bisa terang atau gelap, memiliki antena lebih pendek, dan memiliki enam kaki.

Berbeda dengan lalat rumah, lalat kuda betina secara agresif memakan darah. Sebaliknya, rekan jantan mereka hanya mengonsumsi nektar tanaman dan serbuk sari. Gigitan lalat kuda betina terasa menyakitkan karena mereka merobek kulit untuk menghisap darah dan tidak menghisap seperti yang dilakukan nyamuk. Hama ini dapat memicu reaksi alergi dan juga dapat menularkan penyakit.

Lalat Buah

Lalat

Lalat buah biasanya berukuran panjang 3-4 mm dan berwarna coklat atau kecoklatan. Mereka memiliki dada berwarna coklat, perut hitam dan abu-abu, dan enam kaki. Mata mereka bervariasi dari warna merah hingga lebih gelap.

Lalat ini biasanya ditemukan di dalam ruangan sambil memakan buah-buahan, sayuran, dan cairan fermentasi lainnya. Mereka berkembang biak di tempat sampah, tempat pembuangan sampah, dan saluran air. Mereka sulit dikendalikan karena berkembang biak dengan cepat.

Sama seperti spesies lalat lainnya, lalat buah merupakan pembawa kuman. Jika Anda mengidentifikasi lalat spesies ini di rumah Anda, Anda mungkin harus meminta layanan pengendalian hama Sinttesis Pest Control untuk membasminya selamanya.

Menjaga kebersihan rumah Anda dari dalam ke luar adalah cara terbaik untuk mencegah serangan lalat. Buang makanan yang membusuk dan buang sampah setiap hari untuk menghindari menarik lalat. Pasang kasa jendela dan pintu serta ambil kotoran hewan peliharaan di halaman Anda.

Baca juga : Membasmi Lalat Pada Saluran Pembuangan Air

Cara Mengidentifikasi Lalat Dan Bahayanya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMO SEHAT MEI

Dalam rangka merespons kasus DBD yang sedang terjadi akhir - akhir ini, Sinttesis Pest Control mengadakan promo gratis pengendalian nyamuk disetiap pemesanan jasa pest control dan rayap. Hubungi Kami di 081181200500.

Promo Sehat Mei


This will close in 20 seconds