Cara Mengusir Semut di Rumah

Professional Pest Control

Cara Mengusir Semut di Rumah

Semut adalah makhluk sosial yang umumnya membentuk koloni di mana individu mengambil peran yang berbeda. Satu atau lebih semut “ratu” adalah individu yang bereproduksi yang tetap berada di sarang tersembunyi; peran mereka hanyalah terus menghasilkan lebih banyak semut dan memelihara koloni. Individu lain yang dapat mencakup beberapa juta individu dalam koloni yang lebih besar—dikenal sebagai semut pekerja.

Pekerja yang lebih muda biasanya tetap berada di dalam sarang, di mana mereka melayani kebutuhan ratu dan memelihara atau memperluas sarang, sementara pekerja yang lebih tua keluar dari sarang untuk mengambil makanan bagi koloni. Pekerja yang lebih tua inilah yang Anda lihat ketika serangan semut menjadi jelas.

Infestasi semut tidak akan pernah terkendali jika yang Anda lakukan hanyalah menyemprot semut yang terlihat karena ini hanyalah semut pekerja yang lebih tua yang mengikuti jalur yang sudah ada ke dan dari sarang tersembunyi di suatu tempat di dinding rumah Anda. Meskipun terdengar aneh, kunci untuk menghilangkan semut yang terlihat adalah dengan menargetkan semut yang tidak Anda lihat. Ini karena ratu—yang bertelur—tidak pernah meninggalkan sarang.

Dia hanya bersembunyi di sarang, diberi makan oleh semut pekerja. Jadi, jika yang Anda lakukan hanyalah menyemprot semut pekerja yang terlihat dengan pestisida, ratu hanya akan menghasilkan lebih banyak untuk menggantikan mereka, dan serangan Anda tidak akan pernah berakhir.

Kuncinya, kemudian, adalah mengidentifikasi dan menargetkan semut ratu , dan ini bisa sangat rumit karena sarangnya sering sangat tersembunyi di balik dinding atau di bawah lempengan beton.

 

Cara Mengusir Semut

Kunci langkah pertama dalam mengusir semut dari rumah adalah mengidentifikasi jalur yang digunakan semut pekerja untuk bergerak ke dan dari sarang. Setiap semut yang terlihat bergerak di dalam rumah Anda mencari makanan, dan begitu mereka menemukan bahan yang dapat dimakan, semut pekerja membawanya kembali ke sarangnya.

Dengan melakukan itu, semut meninggalkan jalur kimia, atau jejak, untuk diikuti semut pekerja lainnya guna mengumpulkan lebih banyak makanan.

Perilaku inilah yang memungkinkan untuk memerangi semut, karena Anda sekarang dapat menipu semut pekerja untuk membawa beberapa bentuk makanan beracun (umpan semut) kembali ke sarangnya.

 

Gunakan Umpan Semut Di Dalam Ruangan

Hindari godaan untuk hanya menggunakan pestisida untuk menyemprotkan semut yang terlihat berbaris di sepanjang jalan setapak di dalam rumah Anda. Semprotan pestisida dapat menghilangkan beberapa semut yang terlihat, tetapi lebih banyak semut akan dengan cepat menggantikannya, dan Anda tidak akan pernah membuat kemajuan nyata untuk menghilangkan infestasi. Sebagai gantinya, gunakan semut pekerja ini sebagai tiket masuk ke koloni dengan menempatkan semut pembunuh untuk mereka bawa kembali ke sarang tersembunyi.

Umpan semut adalah bahan yang dapat dimakan, biasanya manis, karbohidrat manis, dicampur dengan zat yang beracun bagi semut tetapi memiliki toksisitas minimal terhadap hewan atau manusia. Beberapa umpan semut terutama terbuat dari asam borat, zat alami yang tidak beracun bagi manusia jika digunakan dengan benar.

Umpan semut dapat berupa “stasiun” yang berisi bahan granular atau cairan yang disemprotkan ke permukaan. Apapun bentuk umpan semut yang Anda gunakan, usahakan untuk menempatkannya dekat dengan jejak semut yang terlihat tetapi di luar jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak. Umpan akan bekerja paling efektif jika Anda menjaga permukaan lain tetap bersih sehingga umpan adalah satu-satunya bahan manis yang tersedia untuk menarik semut.

Semut pekerja akan membawa umpan pestisida kembali ke sarangnya, tetapi dapat memakan waktu beberapa hari untuk menghilangkan koloninya, atau bahkan beberapa minggu jika koloninya sangat besar atau memiliki beberapa ratu, seperti yang dilakukan beberapa spesies semut. Anda bahkan mungkin perlu mengganti stasiun umpan jika semut mengosongkannya. Namun, secara bertahap, Anda akan melihat akhir dari infestasi.

Gunakan Pestisida Semprot Di Luar Ruangan Jika Anda kebetulan mengikuti jejak semut dan mengidentifikasi sarang luar untuk koloni, maka mungkin masuk akal untuk menerapkan pestisida cair dosis tinggi yang dapat meresap untuk mencapai ratu. Membasahi sarang dengan semprotan insektisida yang disetujui (mengikuti semua petunjuk label) bisa efektif. Namun, pastikan untuk memverifikasi bahwa ini adalah koloni yang menciptakan masalah infestasi dalam ruangan Anda. Banyak jenis semut adalah makhluk taman yang membantu sehingga Anda tidak punya alasan untuk membunuhnya.

 

PERINGATAN

Jika Anda menggunakan pestisida serba guna untuk membunuh semut, ketahuilah bahwa bahan kimia ini dapat membunuh serangga yang berguna, seperti lebah madu dan serangga pemangsa, serta semut yang tidak diinginkan. Sebaiknya gunakan pestisida selektif yang hanya menargetkan semut, jika memungkinkan.

 

Jaga Kebersihan

Sanitasi sangat penting untuk pencegahan dan pengendalian hama apapun. Seperti semua makhluk hidup, semut membutuhkan air, makanan, dan tempat berlindung untuk bertahan hidup. Semut meninggalkan tempat perlindungan koloninya untuk mencari makanan dan air. Jangan membuatnya mudah bagi mereka.

Jaga agar makanan tetap tertutup rapat, lantai disapu, dan semua permukaan dibersihkan. Berhati-hatilah untuk menjaga kebersihan saat Anda menargetkan sarang, karena ini akan membuat umpan semut manis menjadi satu-satunya yang tersedia bagi semut. Namun, jangan bersihkan jejak semut sampai Anda menghilangkan kutunya, karena jejak ini akan memungkinkan semut menemukan umpan Anda dan membawanya kembali ke sarangnya. Setelah Anda menyingkirkan semut , bersihkan permukaan jejak dan jaga kebersihannya.

Jadi, jika Anda menemukan semut di rumah Anda, hubungi ahli hama berlisensi segera. Mereka akan dapat mengidentifikasi spesies semut, menemukan kemungkinan titik masuk, dan menentukan pengobatan yang efektif.

 

 Butuh Jasa Pengendali Hama Profesional ?. Sinttesis Solusinya …..

Sinttesis Pest Control siap membantu Anda dalam menangani permasalahan semut di lingkungan Anda. Dengan metode khusus yang efektif yang Kami miliki akan menanggukangi infestasi dan membasmi semut secara efektif.

SOLUSI PENGENDALIAN SEMUT

KLIK DISINI - Graphic Design Agency Indonesia | Soocadesign

UNTUK SURVEY HAMA GRATIS OLEH SINTTESIS

Leave a Reply

Your email address will not be published.