Kenali 3 Jenis Hama Kayu yang Menyerang Perabotan Anda

Professional Pest Control

Kenali 3 Jenis Hama Kayu yang Menyerang Perabotan Anda

Kenali 3 Jenis Hama Kayu yang Menyerang Perabotan Anda

Kenali 3 Jenis hama kayu yang menyerang perabotan anda – Keberadaan hama kayu membuat kebanyakan orang resah sekaligus jengkel. Pasalnya, hama kayu seperti rayap bisa membuat material rumah serta perabot yang berbahan kayu menjadi rusak. Mereka  hadir dalam satu koloni lengkap yang bersarang di dalam bagian rumah atau furnitur kayu. Mereka juga termasuk hama yang paling rakus dalam menggerogoti kayu.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah datangnya rayap. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk membuat perabotan di rumah kamu tahan lama atau awet. Simak beberapa cara berikut :

Kenali Jenis Hama Kayu yang Menyerang Rumah Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan ialah mengidentifikasi hama kayu apa yang merusak fasilitas atau perabotan kayu anda, berikut beberapa hama kayu yang biasanya berpeluang hadir di rumah anda :

  • Rayap

black and brown ant on brown soil

Rayap menjadi penyakit pada kayu yang paling sering menyerang perabotan di rumah. Rayap termasuk serangga yang menjadikan kayu sebagai makanannya. Serangga yang termasuk golongan hama ini bisa menyerang kayu dalam keadaan yang masih segar hingga kayu yang sudah dikeringkan sekalipun. Rayap biasanya hidup dengan cara berkoloni seperti semut.

Dengan kerjasamanya, sekelompok rayap bisa menggerogoti kayu selama seharian penuh tanpa jeda waktu. Jadi serangga ini termasuk hewan yang rakus dan cukup meresahkan terhadap barang-barang yang terbuat dari kayu. Keberadaan serangga ini tidak dipicu oleh faktor lingkungan.

Cara mengatasi rayap pada kayu sebenarnya cukup mudah. Siapkan cairan pestisida atau racun untuk rayap, lalu gunakan aplikasi ke permukaan kayu secara merata menggunakan kuas atau alat lain, seperti semprotan.

Baca Juga : Masalah Rayap Pada Tempat Makan

  • Kumbang pengebor kayu

Domestic Sea Trade Aids Wood-Boring Beetles' Range Expansion

Kumbang kayu memiliki ciri fisik memiliki moncong seperti bor yang biasanya digunakan untuk melubangi dan merusak kayu. Jenis kumbang kayu yang sudah dewasa memiliki ukuran sekitar 2,5 cm hingga 5 cm dengan warna tubuh coklat kemerahan ada juga yang coklat kehitaman.

Kumbang kayu dewasa biasanya membuat lubang pada kayu untuk meletakkan telurnya di lubang tersebut. Larva yang sudah menetas akan memakan kayu selama kurang lebih 6 hingga 12 bulan lamanya. Waktu yang sangat lama dan bisa merusak kayu jika tidak segera diatasi. Kumbang kayu ini suka merusak kayu yang dalam kondisi lembab. Dimana tekstur kayu yang lembab lebih empuk dan mudah dilubangi.

Cara mengatasi penyakit pada kayu satu ini adalah dengan selalu menjaga kondisi kayu agar tetap kering dan bersih. Jika terlalu banyak larva yang bersarang bisa mengaplikasikan obat anti serangga ke permukaan kayu. Proses pengeringan pada kayu juga sangat penting dilakukan untuk mencegah serangan kumbang kayu ini.

Baca Juga : Melihat Laron ? (Pengendalian Rayap Jabodetabek)

  • Teter

Kumbang Teter: Seperti Apa dan Bagaimana Cara Mencegahnya? - BioCide Insecticide

Teter juga disebut dengan kumbang bubuk, dan termasuk dalam jenis serangga yang berukuran kecil dan berbentuk rata dengan panjang 1 hingga 7 mm. Kumbang satu ini memiliki warnanya coklat kemerahan. Serangga satu ini berada di peringkat dua setelah rayap sebagai jenis serangga penyakit pada kayu. Tidak hanya itu, serangga ini bisa membuat kayu yang kuat dan kokoh menjadi keropos dan berlubang. Berbeda dengan kumbang pengebor, kumbang bubuk suka menyerang kayu dalam kondisi kering. Cara mengatasinya dengan menggunakan bahan pengawet kayu seawal mungkin. Sebelum digunakan menjadi furniture atau perabotan lain. Atau jika sudah terlanjur diserang Anda bisa menggunakan insektisida untuk mengusirnya.

 

Jika anda memiliki tanda-tanda investasi hama kayu di rumah anda, segera identifikasi jenis hama kayu apa yang mengganggu rumah anda. Dan jika anda merasa masalah hama kayu anda sudah terlalu besar segera hubungi kami Sinttesis Pest Control.

Baca Juga : Inilah, Cara Alami Membasmi Rayap di Furniture Rumah


Tentang Sinttesis

Di Sinttesis kami memiliki pengalaman dan dipercaya oleh beberapa perusahaan besar untuk menangani masalah rayap. Sebagai salah satu perusahaan pengendalian hama terbaik di Jabodetabek dan Sukabumi. Pakar rayap berlisensi kami siap membantu Anda memeriksa, merawat, dan melindungi rumah dan properti Anda dari rayap.

Kenali 3 Jenis Hama Kayu yang Menyerang Perabotan Anda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKON JUNI 2024

Di Bulan Juni 2024 ini Sinttesis Pest Control hadir dengan DISKON PROMO 15%  untuk setiap pemesanan jasa pengendalian hama yang Kami miliki. Hubungi Kami di 081181200500.

 


This will close in 20 seconds