Siklus hidup tikus rumahan dan Alasan mengapa mereka sulit dikendalian !

Professional Pest Control

Siklus hidup tikus rumahan dan Alasan mengapa mereka sulit dikendalian !

Alasan Tikus Sukses Sebgai Hama

Siklus hidup tikus rumahan dan Alasan mengapa mereka sulit dikendalian !

Salah satu alasan mengapa tikus begitu sukses sebagai hama adalah kemampuan reproduksinya. Tentu bukan rahasia umum lagi apabila tikus dapat berkembang biak dengan cepat. Seekor tikus betina umumnya mengandung 6-8 kali selama setahun dengan masa kehamilan yang relatif singkat antara 21-24 hari.

Umumnya tikus betina mampu melahirkan 12 anak tikus atau lebih, meskipun pada banyak kasus tikus betina lebih sering melahirkan 5-10 anak tikus. Salah satu sebab kenapa tikus dapat berkembang biak dengan cepat adalah kemampuan tikus untuk mencapai tingkat kematangan seksual dalam waktu yang cukup singkat – tikus jantan (10-12 minggu) dan tikus betina (8-9 minggu).

ini berarti bahwa suatu populasi tikus dapat membengkak dengan cepat dari hanya dua ekor tikus menjadi sekitar 1.250 dalam satu tahun. Bahkan faktanya, sepasang tikus dapat memproduksi sekitar 2.000 anak tikus dalam setahun apabila dibiarkan tidak dikendalikan!

Setidaknya ada lebih dari 60 spesies tikus yang teridentifikasi jenis atau spesiesnya di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, terdapat 2 jenis spesies tikus yang paling umum ditemukan di sekitar kita yaitu tikus atap dan tikus got.

Artikel Terkait : Panduan Hama Rumah : Cara Membasmi Tikus & Kecoa

Siklus hidup tikus dilumai dari ketika induk tikus melahirkan bayi tikus

Bayi tikus

Tikus betina akan hamil selama sekitar 21 hari sebelum melahirkan bayi tikus buta yang sepenuhnya bergantung pada induknya. Setelah 21 hari berikutnya, tikus-tikus itu mulai mendapatkan kemandiriannya, dan mereka dapat meninggalkan sisi induknya dan keluar dari sarang untuk jarak dekat.

Masa dewasa

Tikus membutuhkan waktu 35 hari untuk mencapai kematangan seksual, dan pada usia enam minggu, mereka mulai kawin. Jadi setelah 9 minggu, Anda dapat memiliki sebanyak enam tikus yang mampu bereproduksi dari satu betina. Inilah sebabnya mengapa hama tikus dapat meledak dengan sangat cepat, dan itu juga mengapa Anda ingin dapat mendeteksinya sejak dini dan menghapusnya.

Bagaimana Mendeteksi investasi tikus rumahan ?

Tanda paling umum bahwa ada infestasi tikus adalah adanya kotoran. Kotoran ini berwarna hitam dan kecil, dan mereka akan dikelompokkan di area di mana tikus sangat aktif. Anda mungkin juga melihat tikus hidup di tempat terbuka. Ini adalah tanda bahwa hama tikus telah tumbuh cukup besar dan tikus menjadi lebih berani. Tanda-tanda lain termasuk bau amonia yang berbeda di seluruh gedung, bekas gigitan di area di mana tikus aktif, dan suara menggaruk atau menggerogoti di malam hari.

Artikel Terkait : Jenis – Jenis Tikus yang Menyerang Rumah di Jabodetabek dan Sukabumi

Bagaimana Membasmi hama tikus rumahan ?

Tikus dapat menjadi hama yang dapat mengganggu kenyamanan rumah Anda. Lebih buruknya lagi, tidak mudah untuk membuat tikus pergi dari rumah Anda – terutama jika mereka dapat dengan mudah mendapatkan penunjang kebutuhan mereka untuk bertahan hidup, antara lain :

  • Sumber makanan
  • Sumber air
  • Tempat bersarang

Cara terbaik untuk mencegah tikus adalah dengan tidak memberi mereka sedikitpun akses ke sumber makanan, air, dan tempat bersarang di dalam rumah Anda:

Menjaga rumah tetap bersih dengan tidak menumpuk barang-barang bekas seperti koran dan kardus bekas yang dapat menjadi tempat persembunyian tikus.

  • Menyimpan semua bahan makanan kedalam wadah yang tertutup rapat.
  • Jangan meninggalkan piring kotor di bak cuci dapur semalaman.
  • Secara reguler mengosongkan tempat sampah dan tidak membiarkan kantong plastik sampah tertinggal di dalam rumah.
  • Pastikan tidak ada kebocoran pada pipa dan saluran air di rumah.

Tak perlu dikatakan bahwa Anda tidak bisa benar-benar menunggu sampai semua tikus di dalam rumah mati. Mereka hanya akan bereproduksi dan tumbuh dalam jumlah seiring berjalannya waktu. Dengan demikian, satu-satunya pendekatan jika Anda memiliki hama tikus adalah dengan menghilangkannya, dan untuk ini, Anda mungkin memerlukan bantuan seorang profesional. Upaya pengendalian tikus secara tradisional biasanya akan gagal dalam membunuh seluruh populasi tikus di dalam gedung, dan tikus hanya akan mereproduksi dan menambah jumlah mereka dari waktu ke waktu. Untuk itu anda memerlukan ahlunya, pengendalian hama professional yang dapat memastikan bahwa hama tikus dihilangkan dengan cepat, aman dan lengkap.

BASMI TIKUS DI JABODETABEK DAN SUKABUMI

Infestasi hewan pengerat dapat terasa tidak pernah berakhir, terutama ketika Anda telah berusaha keras untuk menghilangkannya dan mereka terus datang kembali. Daripada menutupi setiap inci persegi lantai Anda dengan dengan jebakan, pakar pengendalian hewan pengerat kami di Sinttesis Pest Control dapat turun tangan dan membantu.

Saat Anda menghubungi kami untuk mengontrol hewan pengerat, salah satu teknisi kami akan memeriksa rumah Anda dari atas ke bawah, mencatat semua bukti—seperti kotoran tikus, bahan sarang, bekas gigitan, atau goresan minyak—dan membuat rekomendasi pengecualian untuk mencegah adanya pertambahan jumlah populasi hewan pengerat.

Kemudian, dengan menggunakan perangkap khusus, tim ahli kami akan menempatkan perangkap hewan pengerat  secara strategis di area yang paling sering dilalui lalu lintas. Dalam beberapa kasus yang parah, kami juga akan menggunakan metode pengumpanan yang aman untuk anak-anak dan hewan peliharaan untuk membantu mengurangi jumlah hewan pengerat di sekitar properti Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMO SEHAT MEI

Dalam rangka merespons kasus DBD yang sedang terjadi akhir - akhir ini, Sinttesis Pest Control mengadakan promo gratis pengendalian nyamuk disetiap pemesanan jasa pest control dan rayap. Hubungi Kami di 081181200500.

Promo Sehat Mei


This will close in 20 seconds