Jenis – Jenis Tikus yang Menyerang Rumah di Jabodetabek dan Sukabumi

Professional Pest Control

Jenis – Jenis Tikus yang Menyerang Rumah di Jabodetabek dan Sukabumi

Jenis - Jenis Tikus yang Menyerang Rumah Jabodetabek dan Sukabumi

Jenis – Jenis Tikus yang Menyerang Rumah di Jabodetabek dan Sukabumi –  Salah satu hama yang paling banyak ditemui, diseluruh negeri adalah tikus. Faktanya, menurut survei yang dilakukan oleh lembaga asosiasi manajemen hama internasional, hampir dari sepertiga orang penduduk disuatu wilayah memiliki masalah hewan pengerat di rumah mereka. Berbagai jenis hewan pengerat biasanya menyerang rumah selama musim gugur, dingin atau mungkin musim hujan untuk mencari makanan dan tempat berlindung saat cuaca dingin. Mayoritas pemilik rumah yang disurvei melaporkan temuan hewan pengerat di dapur, serta ruang bawah tanah dan ruang tamu.

Masalah tikus  di dalam rumah atau bisnis dapat menimbulkan ancaman besar bagi kesehatan dan properti. Berbagai jenis hewan pengerat umum diketahui menyebarkan Salmonella dan bakteri lainnya. Mereka juga mampu memicu alergi dan serangan asma. Mereka juga dapat membawa parasit penyebab penyakit, dan kutu. Selain ancaman kesehatan ini, hewan pengerat diketahui merusak drywall serta kayu dan juga dapat mengunyah kabel listrik, meningkatkan risiko kebakaran listrik.

Tindakan pencegahan hewan pengerat yang tepat  sangat penting untuk menjaga keselamatan manusia dan properti yang ada. Tikus dapat masuk melalui lubang berukuran seperempat inci lebarnya. Begitu masuk, tikus betina dapat berkembang biak dengan cepat. Sebagai contoh, seekor tikus betina tunggal dapat memiliki sebanyak 12 anak setiap tiga minggu, memungkinkan infestasi tumbuh dengan cepat.

Jenis – Jenis Tikus yang Umum Menyerang Rumah di Jabodetabek dan Sukabumi

Tikus Rumah

Habitat: Tikus rumah biasanya bersarang di area gelap dan terpencil di dalam bangunan. Mereka adalah pemanjat yang sangat baik dan dapat melompat setinggi satu kaki, memungkinkan mereka untuk mencapai daerah terpencil.

Ancaman: Tikus rumah dapat menyebabkan kerusakan properti yang signifikan dengan mengunyah bahan seperti drywall dan insulasi. Selain itu, mereka diketahui memicu kebakaran listrik dengan menggerogoti kabel di dalam rumah. Tikus rumah juga dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang serius, mampu mencemari makanan yang disimpan dan menyebarkan penyakit seperti Salmonella.

Tip Pencegahan: Lebih suka daerah gelap dan terlindung, tikus rumah cenderung bersembunyi di antara kekacauan rumah tangga. Karena itu, penting untuk menjaga area penyimpanan tetap bersih dan tertata dengan baik, pastikan untuk menyimpan kotak – kotak dus di atas lantai. Selain itu, menyimpan makanan dalam wadah tertutup rapat dan tahan hewan pengerat akan membantu memastikan Anda tidak menarik penyusup.

Fakta Unik: Tikus rumah bisa masuk melalui lubang sekecil. Selain itu, meskipun mereka memiliki penglihatan yang buruk dan buta warna, mereka menebusnya dengan indra lain yang ditingkatkan, seperti penciuman.

7 Penyebab Tikus Masuk ke Dalam Rumah Halaman all - Kompas.com

Tikus Rumah

Artikel Terakait : Efek Tikus Mati Di Sekitar Lingkungan Rumah

Tikus Norwegia

Habitat : Tikus Norwegia terutama aktif di malam hari dan sering menggali ke dalam tumpukan sampah atau di bawah lempengan beton. Spesies ini cenderung memasuki rumah di musim gugur ketika sumber makanan luar menjadi langka, biasanya bersarang di ruang bawah tanah dan tempat tinggal.

Ancaman : Tikus Norwegia dapat menyebabkan kerusakan properti yang serius dengan menggerogoti berbagai bahan, termasuk plastik dan pipa timah. Mereka juga merupakan vektor penyakit, termasuk wabah, penyakit kuning, demam gigitan tikus dan virus cacar sapi. Selain itu, spesies ini dapat membawa kutu dan tungau ke dalam rumah.

Tips Pencegahan : Perhatikan baik-baik tanda-tanda infestasi seperti kotoran, bekas gigitan, makanan rusak, dan bekas gosokan minyak. Infestasi dapat berkembang pesat, jadi mendeteksi sedari awal adalah usaha yang potensial untuk mencegahnya.

Fakta Unik : Tikus Norwegia dapat masuk melalui lubang sekecil inci, atau seukuran seperempat.

Brown Rats - Portland Pest Guard

Tikus Norwegia

Artikel Terkait : Bahaya Tikus untuk Anak – Anak

Tikus Atap

Habitat: Tikus atap biasanya hidup berkoloni dan lebih suka bersarang di bagian atas bangunan atau pohon.

Ancaman : Secara historis, tikus atap dan kutu yang mereka bawa telah dikaitkan dengan wabah pes. Meskipun kasusnya jarang, tikus atap juga dapat menyebarkan penyakit seperti tifus, penyakit kuning dan trikinosis.

Tips Pencegahan : Jika Anda memiliki pohon buah-buahan di properti Anda, segera bersihkan setiap buah yang jatuh karena dapat menarik tikus atap. Juga, pastikan bahwa sampah disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Fakta Unik : Tikus atap juga dikenal sebagai “tikus hitam” atau tikus kapal”, karena warnanya yang gelap dan kemampuan berenangnya yang luar biasa.

Terminix Releases Top 15 Roof Rat Cities List | Business Wire

Tikus Atap

 

Jika Anda  menemukan masalah hewan pengerat, maka jangan ragu untuk hubungi ahli pengendalian hama berlisensi untuk mendapatkan bantuan. Kita sudah mengetahui bahwa hewan pengerat  berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan berbagai ancaman serius. Penanganan tikus bukanlah sesuatu yang dapat ditangani sembarangan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang berkaitan penanganan hama di rumah – rumah, Anda dapat mengubungi Sinttesis di 081317751203 atau mengisi form online yang ada di halama utama bagian bawah website Kami.

 

Jenis – Jenis Tikus yang Menyerang Rumah di Jabodetabek dan Sukabumi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.