Hewan pengerat di rumah Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui !

Professional Pest Control

Hewan pengerat di rumah Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui !

Hewan pengerat di rumah Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui ! – Apa yang bersembunyi di halaman atau di bawah rumah Anda? Hewan pengerat !. Kotoran dan baunya bisa menjadi masalah serius. Tapi Anda tidak harus tinggal bersama mereka. Untungnya, ada beberapa solusi untuk mengendalikan hewan pengerat di Indonesia terkhusus di wilayah Jabodetabek. Artikel ini akan membahas point – point penting yang harus diketahui dan alasan mengapa Anda harus menyingkirkan hewan pengerat di rumah serta mengapa pencegahan dan pengendalian hewan pengerat adalah suatu keharusan.

Hewan pengerat atau tikus dapat menularkan lebih dari 35 penyakit kepada manusia dan hewan. Penyakit seperti leptospirosis, wabah penyakit, hanyalah beberapa penyakit yang dapat ditularkan ke manusia dan hewan peliharaan. Penyakit – penyakit yang disebutkan tersebut dapat di menular jika terjadi aktivitas yang menyangkut hal – hal sebagai berikut :

  • Menghirup debu yang tercemar kotoran dan urin hewan pengerat yang terinfeksi.
  • Menelan makanan atau air yang tercemar oleh rambut, air liur, urin, dan kotoran hewan pengerat.
  • Sentuhan langsung terhadap bangkai hewan pengerat yang terinfeksi.
  • Gigitan tikus menyuntikkan patogen ke dalam aliran darah.
  • Gigitan kutu, tungau, dan caplak yang memakan hewan pengerat yang terinfeksi.

Baca juga:Mengapa Pengendalian Tikus Perlu Dilakukan ?

Selain menyebarkan penyakit, hewan pengerat juga dapat merusak properti Anda dengan cara menggerogoti dan mengunyahnya. Mereka cenderung menyebabkan kebakaran ketika mereka mengunyah kabel listrik pada peralatan dan perlengkapan penerangan.

Perhatikan lingkungan sekitar tempat Anda beraktifitas barangkali ada tanda – tanda kehadiran hewan pengerat yang satu ini. Adanya tikus atau hewan pengerat di lingkungan Anda berpotensi terkena serangan hewan pengerat. Jika Anda mengamati salah satu dari tanda-tanda keberadaanya, maka Anda harus waspada karena tikus tidak akan secara fulgar muncul didepan mata Anda. Mereka biasanya muncul ketika suasana aman menurut mereka, yakni suasana dimana mereka dapat bergerak leluasa mencari apa yang mereka inginkan yaitu suasana tanpa adanya orang dan tanpa ada aktivitas manusia. Berikut adalah tanda – tanda adanya tikus di lingkungan Anda :

  • Kemasan makanan yang dikunyah.
  • Kain suwir, kertas, atau tanaman kering yang digunakan untuk membangun sarangnya.
  • Kotoran tikus di bawah wastafel, di lemari atau laci, dan di sekitar kemasan makanan.
  • Bau busuk keluar dari area tersembunyi di rumah Anda.
  • Lantai dan dinding yang dikunyah menjadi pintu masuk hewan pengerat.

Hewan pengerat biasanya muncul pada malam hari. Mereka senang jika lampu sudah dimatikan sehingga aktivitas mereka dapat berjalan tanpa gangguan. Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri “mengapa terdapat tikus di rumah saya ?” Klik link ARTIKEL INI untuk mengetahui alasannya dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah pertumbuhannya.

Baca juga : 4 Tips Cara Mengantisipasi Tikus

Setelah pengendalian hama di properti Anda selesai dilakukan, Anda perlu membersihkan bukti adanya serangan. Anda perlu berhati-hati saat melakukan hal ini untuk menghindari tertular patogen yang dibawa hewan pengerat. Kenakan sarung tangan karet atau lateks dan gunakan larutan disinfektan seperti larutan pemutih (10% pemutih dan 90% air).

Semprotkan kotoran tikus dengan larutan pemutih dan biarkan terendam selama 5 menit. Gunakan tisu untuk mengambil kotoran dan membuangnya ke dalam kantong sampah plastik. Setelah area tersebut dibersihkan, semprot kembali dengan disinfektan.

Untuk menghilangkan bangkai tikus, semprot hewan pengerat yang mati dengan disinfektan dan ambil dengan tangan yang bersarung tangan. Buang dengan aman di luar rumah Anda. Setelah selesai membersihkan, buang sarung tangan dan cuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air.

Hewan pengerat di rumah Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui !

 

One Response

  1. […] Baca juga : Hewan pengerat di rumah Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui ! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *