Serba – Serbi Rayap dan Cara Mengatasinya

Professional Pest Control

Serba – Serbi Rayap dan Cara Mengatasinya

Serba – Serbi Rayap dan Cara Mengatasinya – Rayap adalah salah satu hama yang hidup di rumah Anda secara diam-diam. Kehadiran dan serangan mereka terasa ketika mereka telah merusak elemen kayu rumah sampai batas tertentu. Meskipun terdapat berbagai spesies rayap, dan umumnya tidak berbahaya bagi manusia secara langsung, rayap dapat menyebabkan kerusakan parah pada struktur kayu rumah dan elemen kayu lainnya. Selain kayu, mereka juga memakan buku, kertas, insulasi, dan elemen serupa lainnya yang mungkin Anda miliki di rumah. Kerugian yang ditimbulkannya bisa mencapai jutaan dolar dalam beberapa kasus. Oleh karena itu, identifikasi dini serangan rayap dan penanganan yang tepat sangatlah penting agar kerusakan yang diakibatkannya dapat diminimalkan.

Sebelum kita membahas secara rinci apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi serangan rayap, kita perlu mengetahui apa itu rayap dan bagaimana mereka menyerang suatu area. Kami juga akan menjelaskan beberapa tanda awal serangan rayap sehingga Anda dapat mengidentifikasi dan perawatannya sejak dini.

Rayap merupakan serangga sosial yang hidup bersama dalam bentuk koloni. Mereka juga disebut perusak diam-diam karena mereka diam-diam berkembang dan terus tumbuh tanpa menimbulkan kerusakan yang terlihat.

Ada fakta – fakta tertentu tentang rayap, diantaranya adalah seperti yang tercantum di bawah ini:

  • Rayap tumbuh subur di lingkungan yang panas, lembap, dan gelap. Iklim Jabodetabek menyediakan lingkungan yang ideal bagi rayap untuk tumbuh.
  • Rayap membutuhkan empat hal utama untuk bertahan hidup. Ini adalah makanan, tempat berlindung, kelembapan, dan suhu optimal.
  • Rayap lebih menyukai suhu hangat dan mereka paling efisien pada suhu tersebut. Negara-negara dengan iklim panas hampir sepanjang tahun lebih rentan terhadap serangan rayap dibandingkan dengan negara-negara yang lebih dingin.
  • Rayap adalah serangga buta. Mereka berkomunikasi satu sama lain dan mengikuti jalur melalui feromon. Mereka juga membenturkan kepalanya sehingga menimbulkan getaran yang dapat dirasakan oleh rayap lainnya. Benturan kepala ini juga menghasilkan suara klik rayap.
  • Karena rayap membutuhkan lingkungan yang lembab dan gelap untuk berkembang, mereka tidak dapat bertahan hidup di tempat terbuka. Oleh karena itu, mereka membangun jalur lumpur lembab di dinding atau di tanah yang memungkinkan mereka menjaga kelembapan bahkan di atas tanah.
  • Ada lebih dari 2300 spesies rayap yang berbeda di seluruh dunia.
  • Rayap dibagi menjadi tiga tingkatan sistem kasta. Ada rayap reproduktif, rayap pekerja, dan rayap tentara.
    Semut merupakan predator utama rayap. Semut dapat membunuh koloni rayap dan menyerangnya dalam jumlah besar.
    Rayap dapat menyebabkan kerusakan senilai jutaan dolar pada struktur rumah dan elemen kayu lainnya di rumah.

Artikel Terkait : Kerusakan Akibat Rayap Seperti Apa Bentuknya ?

Rayap tertarik pada kayu dan elemen kayu di dalam rumah. Melalui kelembapan dan lingkungan lembap, rayap tertarik ke rumah dan bangunan kayunya. Mereka dapat menyusup ke dalam rumah melalui celah-celah di bagian luar rumah. Retakan di sekitar jendela dan pintu juga menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah.

Untuk mencapai sumber kayu, rayap membuat jalur lumpur dari tanah hingga ke kayu. Dengan cara ini, mereka dapat bertahan hidup bahkan di luar lingkungan tanah yang lembab. Begitu mereka mencapai kayu, mereka mulai berkembang biak di sana, berkembang biak, dan akhirnya mulai memakan kayu tersebut.

Menurut kepercayaan umum, serangan rayap tidak dapat diidentifikasi sampai mereka menimbulkan malapetaka dan menyebabkan kerusakan parah pada elemen kayu pada sebuah rumah. Meskipun hal ini mungkin benar sampai batas tertentu, ada beberapa tanda awal yang dapat Anda waspadai untuk menentukan apakah ada serangan rayap atau tidak. Tanda-tanda ini diantaranya seperti yang tercantum di bawah ini:

  • Tanda-tanda serangan rayap yang paling jelas adalah munculnya jejak lumpur dan tabung di dinding atau tanah. Karena sebagian besar rayap membutuhkan lingkungan yang lembab untuk kelangsungan hidupnya, mereka membangun jalur lumpur dari tanah menuju sumber makanannya sehingga mereka dapat mencapainya dengan aman di lingkungan yang lembab dan lembap. Jika Anda melihat tabung lumpur ini pada struktur keras apa pun di rumah Anda, ini mungkin mengindikasikan serangan rayap.
  • Seperti semua serangga, rayap meninggalkan kotorannya saat melewati jalan berlumpur. Kotoran ini dapat memberi Anda indikasi bahwa ada rayap di dekatnya. Kotoran ini menyerupai kopi bubuk atau serbuk gergaji. Melihat kotoran di dekat bangunan kayu dapat menjadi tanda pasti adanya serangan rayap.
  • Anda mungkin melihat sayap terlepas di berbagai lokasi di rumah, terutama di dekat jendela. Rayap berkerumun di musim semi dan kemudian melepaskan sayapnya. Anda mungkin bingung antara sayap yang Anda lihat dengan sayap kawanan semut, tetapi ada perbedaan. Kawanan semut terdiri dari dua pasang sayap, yang satu lebih besar dari yang lain. Kawanan rayap juga terdiri dari dua pasang sayap tetapi kedua pasang sayap tersebut berukuran sama. Jika Anda menemukan sayap yang sama panjangnya dan juga bertumpuk, Anda dapat yakin bahwa ada koloni rayap yang bersemayam di lingkungan Anda.
  • Selain melepaskan sayapnya, Anda bahkan mungkin melihat kawanan rayap terutama di musim semi karena ini adalah musim kawin mereka. Sekali lagi, Anda mungkin bingung membedakannya dengan kawanan semut. Salah satu perbedaannya adalah panjang sayap rayap yang sama dibandingkan dengan panjang sayap yang berbeda pada kawanan semut. Perbedaan lainnya adalah antena kawanan semut ditekuk tegak lurus, sedangkan antena kawanan rayap lurus.
  • Tanda lain yang perlu Anda waspadai adalah melihat rayap mati atau hidup. Mereka mungkin terlihat seperti semut putih atau semut terbang. Namun jika Anda mendengarkan dengan seksama, Anda mungkin akan mendengar bunyi klik yang bisa menjadi tanda pasti adanya serangan rayap.
  • Jika Anda tidak dapat menemukan rayap pada tahap awal, mereka mungkin mulai merusak lantai dan panel Anda. Anda mungkin melihat panel bengkak atau papan lantai terangkat yang mengindikasikan serangan rayap. Benjolan pada dinding juga bisa menjadi tanda adanya serangan rayap.
  • Tanda lain serangan rayap adalah bunyi kayu berlubang saat Anda mengetuk struktur kayu. Bunyi berlubang ini menandakan bahwa rayap telah merusak struktur kayu secara signifikan dan membuat kayu berlubang. Mungkin ada tanda-tanda retak atau pecah pada kayu yang mengindikasikan serangan rayap yang serius.

Artikel Terkait : Pengendalian Hama dan Pembasmi Rayap Jabodetabek

Jika Anda melihat adanya serangan rayap, Anda harus segera menanganinya sedini mungkin untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada struktur kayu. Meskipun ada cara untuk mengatasi rayap sendiri, cara termudah dan paling efektif untuk mengatasi rayap adalah dengan menghubungi layanan profesional dan menyerahkan kepada mereka sepenuhnya untuk menangani rayap.

Setelah rayap teridentifikasi, mereka akan melakukan berbagai metode untuk menangani serangan rayap. Ini melibatkan penggunaan berbagai bahan kimia serta perawatan non-kimia.

Sinttesis menggunakan bahan kimia yang aman dan disetujui oleh pemerintah Indonesia yang tidak hanya membantu membunuh koloni tetapi juga mencegah penyebarannya di masa depan. Untuk keperluan ini juga diberikan garansi disetiap perawatan yang Kami lakukan. Bahan kimia yang digunakan bersifat nonkarsinogenik, ramah lingkungan, dan aman digunakan bagi manusia.

Serba – Serbi Rayap dan Cara Mengatasinya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMO SEHAT MEI

Dalam rangka merespons kasus DBD yang sedang terjadi akhir - akhir ini, Sinttesis Pest Control mengadakan promo gratis pengendalian nyamuk disetiap pemesanan jasa pest control dan rayap. Hubungi Kami di 081181200500.

Promo Sehat Mei


This will close in 20 seconds