Fakta – Fakta Seputar Kutu Hewan

Professional Pest Control

Fakta – Fakta Seputar Kutu Hewan

Fakta Seputar Kutu Kucing

Fakta Seputar Kutu Hewan – Apakah Anda merasa cukup akrab dengan kutu kucing ? Jika tidak, lihat 5 fakta tentang kutu kucing ini sebagai informasi dasar Anda sebelum mencoba menyingkirkannya.

Pertanyaan dasar pertama tentang kutu kucing: apakah kutu kucing biasa ditemukan di rumah-rumah? Jawaban-nya untuk pertanyaan ini adalah ya.

Menemukan kutu kucing di rumah sangat umum, terutama bagi mereka yang tinggal dengan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Maka dari itu, tidak heran jika kutu kucing bisa menjadi mimpi buruk bagi pemilik hewan dimanapun berada.

Sayangnya, hewan peliharaan Anda selalu rentan terhadap serangan kutu meskipun Anda selalu menyimpannya di dalam ruangan sepanjang waktu. Karena bahkan jika Anda benar-benar menjaga hewan peliharaan Anda di dalam ruangan, kutu kucing ‘cukup licik’ untuk menemukan cara untuk masuk ke dalam rumah Anda. Kutu kucing di rumah dapat terbawa dengan mudah dalam banyak cara, seperti selama kunjungan dokter hewan, atau melalui manusia dengan menempel pada sepatu atau pakaian.

Meskipun menghadapi kutu kucing di rumah sama sekali tidak menyenangkan bagi Anda atau hewan peliharaan Anda. Namun ada sejumlah fakta tentang serangga penghisap darah ini yang mungkin belum Anda ketahui. Ini mungkin meningkatkan urgensi Anda untuk menyingkirkan kutu kucing di rumah sejak awal tanda-tandanya.

Kutu Hewan / Kucing

Kutu Hewan / Kucing

Baca Juga Artikel Terkait : Bahaya Kutu Busuk

Fakta Seputar Kutu Hewan

Pada artikel ini, kami memberikan beberapa fakta tentang kutu hewan– salah satu spesies kutu paling umum yang mengganggu hewan dan manusia.

1. Kutu adalah pelompat yang hebat

Berbeda dengan parasit penghisap darah lainnya seperti kutu busuk yang lebih suka merangkak ketika mencari inangnya; kutu kucing akan melompat jauh untuk menemukan inangnya. Kutu hewan tidak bisa terbang karena tidak memiliki sayap. Tetapi mereka memiliki sepasang kaki belakang yang kuat yang memungkinkan mereka untuk melompat berkali-kali lebih dari beberapa kali panjang tubuh mereka. Jadi, seberapa jauh kutu kucing bisa melompat?

Menurut penelitian tentang parasitologi veteriner pada tahun 2000, kutu hewan dewasa diketahui dapat melompat dengan baik secara vertikal atau horizontal. Kutu hewan / kucing mungkin berukuran kecil, tetapi lompatan minimumnya dapat mencapai 2 cm dan panjang maksimumnya adalah 48 cm.

Baca Juga : Cara Mencegah Kutu Busuk

2. Dapat Menggigit Manusia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kutu kucing sebenarnya tidak hanya menjadi masalah serius bagi hewan peliharaan, tetapi juga bagi diri Anda sendiri. Kutu kucing perlu memakan darah segar untuk menghasilkan telur mereka yang bisa mereka dapatkan dengan memakan darah mamalia. Karena manusia diklasifikasikan sebagai mamalia – jadi ya, kutu kucing juga bisa menggigit manusia!

Tubuh manusia dapat memiliki reaksi parah terhadap air liur kutu hewan / kucing. Berikut beberapa gejala umum gigitan kutu kucing pada manusia, antara lain:

  • Sensasi yang sangat gatal dan nyeri
  • Luka merah dan bengkak yang mungkin muncul dalam kelompok atau garis yang berkembang dalam beberapa menit setelah gigitan
  • Bekas gigitan kutu kucing biasanya terdapat di bagian bawah tubuh manusia seperti kaki, pergelangan kaki, dan tungkai bawah
  • Meski sangat jarang, gigitan kutu juga bisa ditemukan di bagian tubuh lain seperti ketiak, pinggang, dan siku.
  • Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap gigitan kutu, seperti pusing, sulit bernapas, mual, dan nyeri dada

Meskipun kutu hewan / kucing dapat menggigit manusia, mereka tidak hidup dan berkembang biak dalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan manusia tidak memiliki rambut yang luas atau bulu yang setebal hewan. Dan sangat sulit bagi kutu kucing untuk berkembang biak tanpa perlindungan dari rambut atau bulu.

Baca Juga : Jasa Pembasmi Kutu Busuk Profesional

3. Kutu Hewan Biasanya Selalu dalam Keadaan Lapar

Tubuh mereka mungkin kecil, tapi jangan remehkan soal selera makan mereka. Kutu kucing diketahui menggigit inangnya 400 kali per hari. Menurut penelitian tentang konsumsi darah kutu kucing di akhir tahun 90-an, kutu kucing betina dewasa rata-rata mengonsumsi 13,6 mikroliter (± 2,7 mikroliter) darah per hari. Kebutuhan mereka akan konsumsi darah setara dengan 15 kali berat badan mereka.

4. Dapat Berkembangbiak dengan Cepat

Kutu hewan / kucing betina membutuhkan darah segar dari inangnya untuk mulai memproduksi telurnya. Dan mereka akan mulai bertelur di dalam setelah makan darah pertama. Rata-rata, kutu kucing betina tunggal mampu bertelur 20 – 50 butir per hari; dan dapat menghasilkan hingga 2.000 telur selama masa hidupnya.

Tahap perkembangan dari telur hingga kutu hewan /  kucing dewasa hanya membutuhkan waktu 2 – 3 minggu hingga beberapa bulan. Dimana telur akan menetas dalam 2 – 10 hari, dengan peluang menetas lebih awal tidak lebih dari 48 jam pada suhu hangat.

Kutu hewan / kucing dewasa dapat hidup dan bertahan hingga 1,5 tahun pada suhu dan kelembaban yang ideal, serta jumlah inang potensial yang cukup. Oleh karena itu, parasit penghisap darah kecil ini dapat menyebar dengan cepat di sekitar rumah Anda; kecuali Anda mengambil tindakan segera untuk mencegah infestasi mereka.

Baca Juga : Perilaku Kutu Busuk

5. Kutu Hewan Memiliki Ukuran Tubuh yang Sangat Kecil

Fakta terakhir tentang kutu hewan / kucing adalah tentang ukuran tubuh kecil mereka yang cukup sulit untuk dihadapi. Kutu hewan / kucing memiliki panjang sekitar 2 – 3 mm dengan berat kurang dari 1 gram. Dengan demikian, sebenarnya tidak sulit untuk mendeteksi keberadaan mereka, karena mereka masih sangat terlihat dengan mata telanjang.

Akan tetapi, kemampuan khusus dari Kutu hewan / kucing adalah dapat melarikan diri dari bahaya dengan sangat cepat; sekali mereka pergi mereka sulit untuk menemukan. Ukuran tubuhnya yang mungil juga memudahkan mereka untuk bersembunyi di tempat yang sempit dan sulit dijangkau, seperti:

  • Retak dinding
  • Karpet dan permadani serat
  • Retakan tersempit di furnitur
  • Ubin lantai

Baca Juga : Penyebaran Kutu Busuk

Bagaimana cara menghilangkan kutu Hewan / Kucing sepenuhnya?

Menemukan satu atau dua kutu kucing di rumah Anda dapat dengan cepat menjadi ratusan kutu dalam waktu singkat. Anda masih dapat menemukan kutu hewan / kucing meskipun Anda memiliki rumah yang bersih dan/atau bahkan jika Anda tidak memiliki hewan peliharaan. Oleh karena itu, sebaiknya segera rawat rumah Anda, sebelum menjadi masalah serius bagi hewan peliharaan Anda dan seluruh keluarga.

Jangan khawatir ! Sinttesis adalah ahli dalam pengendalian kutu yang akan menawarkan perawatan yang aman dan efektif untuk memastikan pengendalian penuh terhadap masalah kutu Anda. Teknisi kami yang bersertifikat dan berpengalaman memahami pengalaman dalam mengendalikan kebiasaan spesies kutu hewan / kucing dan akan memastikan perawatan yang ditargetkan untuk menghilangkan kutu hewan / kucing kucing sepenuhnya.

Hubungi kami hari ini di 0251-7553361 (Office) atau hubungi kami secara online melalui layanan whatsapp di 081317751203 untuk mengatur janji.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.