Waspada, si kutu kasur mengintai anda saat tidur !

Professional Pest Control

Waspada, si kutu kasur mengintai anda saat tidur !

Satu Hal terakhir yang mungkin kita pikirkan ketika mencoba untuk tertidur adalah “apakah tempat tidur kita aman/” mungkin anda rutin membersihkan kasur dan menganti sprai tempat tidur anda, Sayangnya, kutu kasur tak semudah itu disingkirkan mereka cukup nyaman untuk bertahan di kasur anda dan mungkin menyebabkan ruam gatal dan reaksi alergi lainnya saat Anda bangun di pagi hari.

Apa itu kutu kasur ?

Kutu kasur adalah serangga kecil berwarna coklat kemerahan yang memakan darah Anda saat Anda tidur. Mereka sering ditemukan di seprai Anda dan di beberapa tempat lain di rumah Anda, termasuk di celah-celah sofa dan di tirai Anda. Mereka bahkan dapat ditemukan di karpet atau di bawah wallpaper. Ketika mereka berada di rumah Anda, Anda mungkin melihat bau yang tidak menyenangkan dan serta noda pada seprai dan kain lainnya.
Kutu kasur umumnya tahan dengan lingkungan bersuhu panas dan lembap hingga ruangan bersuhu rendah setidaknya 7 derajat Celsius. Mereka tidak membangun sarang selayaknya semut atau rayap, namun hidup berkelompok di tempat-tempat yang gelap dan tersembunyi. Serangga ini tertarik pada suhu panas tubuh anda, sehingga kutu kasur biasanya memilih bersembunyi di sekitar tempat tidur dan akan merayap menuju kulit yang terekspose untuk menghisap darah. Karena itulah bekas gigitan kutu kasur umumnya nampak pada daerah yang terbuka seperti wajah, leher, lengan, tangan, maupun kaki. Saat seseorang digigit kutu kasur, ruam gatal dan kemerahan bisa saja muncul sekitar 15-30 menit setelahnya. Sebagian orang bahkan mengalami reaksi alergi terhadap gigitan dan kotoran kutu busuk berupa bengkak, nyeri, dan rasa panas di area gigitan.
Sekarang anda mungkin mulai khawatir dengan kehadiran mereka di tempat tidur anda, tapi sebelum mencari tahu cara mengatasi mereka, anda perlu tahu lebih dulu apa perbedaan kutu busuk dengan tungau. Banyak orang yang menyalahartikan tungau sebagai kutu kasur. Sekilas keduanya emmang nampak mirip, namun kutu kasur dan tungau adalah dua serangga berbeda. Perbedaan mencolok adalah pada ukurannya. Tungau berukuran sangat kecil yakni berkisar 0,2-0,3 mm sehingga hampir tidak mungkin kita lihat dengan mata telanjang. Sedangkan kutu kasur berukuran paling kecil 5 mm dan masih bisa kita lihat secara langsung. Kedua, tungau hanya memakan serpihan sel kulit mati manusia. Sedangkan kutu kasur adalah parasit yang mencari makan dengan cara menghisap darah manusia. Meski begitu, baik tungau dan kutu kasur sebenarnya tidak membawa penyakit. Hanya saja keberadaan mereka bisa sangat mengganggu karena gigitan tungau dan kutu kasur dapat memicu alergi hingga infeksi.

Artikel Terkait : Bahaya Kutu Busuk

Cara Membasmi Kutu Kasur yang Efektif.

Untungnya, Anda bisa menyingkirkan kutu kasur dari dalam rumah dengan berbagai metode. Namun perlu diingat jika cara membasmi kutu kasur secara mandiri bukanlah perkara mudah, sehingga dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Cara terbaik untuk mengatasi mereka ialah dengan mempercayakan penanganan kutu kasur pada professional di bidangnya. Sinttesis Pest Control siap membantu anda mengatasi kutu kasur dengan optimal dan efektif.
Anda bisa mencoba beberapa cara membasmi kutu kasur berikut ini. Baik dengan pendekatan non-kimiawi maupun kimiawi.

1. Mencari Sumber Kutu Kasur Berasal.

Hal pertama dan yang paling penting dilakukan dalam membasmi kutu kasur adalah menemukan sumber kutu kasur berasal agar dapat melakukan langkah selanjutnya. Ada beberapa tanda yang dapat mengindikasikan keberadaan kutu kasur. Bintik-bintik hitam di sela atau atas kasur mungkin adalah kotoran kutu kasur. Selain itu perhatikan juga apakah ada bekas cangkang berwarna kekuningan yang tertinggal di sekitar asur. Kutu kasur biasanya mengeluarkan bau apek yang cukup menyengat saat mereka tinggal dalam satu kelompok besar. Ada baiknya anda memeriksa area dan celah sempit di sekitar kasur seperti celah antara dipan dan kepala kasur, di antara bantal.

2. Gunakan Vakum untuk Membersihkan Kutu Kasur

Cara membasmi kutu kasur dengan vacuum cleaner merupakan cara yang paling cepat dan mudah. Tinggal
Tinggal arahkan ujung vakum ke berbagai celah tersembunyi di sekitar kasur termasuk sela lemari, bawah karpet, hingga pada celah barang-barang elektronik. Setelah itu masukkan kotoran vakum ke dalam plastik zip dan segera buang pada tempatnya. jangan lupa untuk mencuci seluruh bagian vakum dengan air panas jika memungkinkan.

3. Isolasi Benda yang Terkena Kontak Kutu kasur

akan sangat mudah menyebar terutama melalui benda-benda yang mudah dibawa seperti baju, sarung bantal, dan boneka. Salah satu cara membasmi kutu kasur yang bisa dilakukan adalah hindari memindahkan benda-benda yang anda curigai terkontaminasi kutu kasur. Sebaliknya, masukkan benda-benda berukuran kecil ke dalam kantung plastik. anda bisa menjemurnya selama beberapa hari hingga minggu sampai kutu kasur benar-benar dipastikan mati sebelum kemudian dicuci.

4. Mencuci Selimut, Sprei, dan Baju dengan Air Panas.

Sebenarnya serangga ini cukup mudah mati saat terpapar panas tinggi, yakni pada suhu sekitar 46 derajat Celsius. Sehingga mencuci baju dan properti kasur dengan air panas bisa menjadi cara membasmi kutu kasur yang ampuh. anda bisa menggunakan pengaturan suhu tertinggi pada mesin cuci selama 30 menit lalu mengatur suhu paling tinggi pada pengering selama 30 menit juga. Namun, jika mesin cuci tidak memiliki pengaturan suhu, anda bisa gunakan cara sebelumnya yakni menjemur baju dalam plastik di bawah terik matahari. Mencuci baju secara manual dengan air panas juga bisa jadi alternatif. Namun pastikan jika bahan kain tahan panas dan tak akan rusak jika terpapar suhu tinggi.

5. Menjemur Kasur, Bantal, Guling, dan Selimut Secara Teratur.

Hal ini bisa menjadi langkah preventif dan juga cara membasmi kutu kasur yang mudah dilakukan. Jemur kasur, bantal, guling, dan selimut secara berkala selama beberapa jam. Selain itu, mengganti sprei serta selimut secara rutin juga dapat membantu mencegah hadirnya kutu kasur.

6. Menggunakan Alkohol Alkohol isopropil.

memang terbukti sebagai cara membasmi kutu kasur beserta telurnya, namun sayangnya, cara ini dianggap kurang efisien. Para peneliti di Universitas Rutgers, Amerika Serikat, menguji dua produk berbeda dengan konsentrasi alkohol isopropil tinggi. Satu produk mengandung 50 persen alkohol dan satu lagi 91 persen alkohol. Hasilnya, tidak ada produk yang membunuh lebih dari setengah dari jumlah kutu kasur yang digunakan. Kutu kasur dapat menyebar dan bereproduksi dengan cepat. Rata-rata betina dapat bertelur hingga 250 telur dalam masa hidupnya, sehingga menggunakan produk yang hanya bisa membunuh setengah dari populasinya tidak dapat menyelesaikan masalah. Selain itu, cara ini hanya bekerja jika alkohol disemprotkan secara langsung hingga mengenai kutu.Sedangkan, akan sangat sulit melakukan hal ini mengingat ukuran tubuhnya yang kecil dan mereka umumnya berada pada tempat-tempat tersembunyi.

7. Menggunakan Insektisida Khusus Kutu Kasur.

Cara membasmi kutu kasur selanjutnya adalah dengan menggunakan insektisida. Pastikan produk yang anda gunakan khusus diformulasikan untuk kutu kasur, karena pestisida biasa akan kurang efektif. Di bawah ini adalah beberapa bahan kimia yang umum digunakan untuk pembasmi kutu kasur:
• Pyrethrins dan pyrethroids: Ini adalah bahan kimia yang paling umum digunakan membunuh kutu kasur. Namun beberapa kutu kasur bisa menjadi kebal terhadapnya.
• Pyrroles: Senyawa ini bisa membunuh kutu kasur dengan cara menyerang selnya.
• Neonicotinoids: Bahan kimia ini akan merusak sistem syaraf serangga. Senyawa ini bekerja lebih kuat terutama untuk kutu busuk yang kebal terhadap pyrethroids.
• Dessicant: Dessicant adalah zat yang merusak lapisan luar pelindung serangga. Tanpa lapisan ini, serangga akan mengering dan mati.
• Foggers: Foggers disebut juga dengan bom serangga. Sayangnya, zat foggers tak dapat masuk ke celah-celah kecil. Namun sebelum mencobanya, pastikan anda memeriksa terlebih dahulu apakah insektisida tersebut aman bagi berbagai jenis kain agar tidak merusak permukaan sprei, kasur, dan selimut.

8. Mencari Bantuan Profesional

Faktor-faktor tertentu bisa saja membuat kutu kasur lebih sulit dibasmi. Jika anda mengalami kendala atau sudah melakukan beberapa cara membasmi kutu kasur di atas namun kutu kasur tak kunjung sirna, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional. Sinttesis pest control dengan pengalaman dan keahliannya, kami memiliki insektisida dan perawatan yang dapat menyesuaikan kondisi rumah Termasuk memakai produk yang aman untuk kasur, furnitur, dan yang paling penting tidak beracun. Lokasi Pengecekan Kutu Kasur Anda sudah mengetahui seperti apa cara membasmi kutu kasur. Meskipun memiliki nama “kutu kasur” tetapi serangga ini juga bisa ada di lokasi-lokasi lain.

Karena itu, berikut ini lokasi-lokasi yang perlu diperiksa di mana bisa terdapat kutu kasur :

1. Kasur dan Pegas Kasur.

Periksa kasur dengan seksama, perhatikan jahitan dan jumbai di sepanjang tepinya. Balik kasur dan periksa juga bagian bawahnya dengan hati-hati. Perhatikan baik-baik robekan pada kain tempat tidur. Lihat kain di bagian bawah pegas dan nyalakan senter untuk memastikan bahwa kutu kasur belum menembus bagian dalam pegas kotak.

2. Rangka Tempat Tidur.

Lepaskan kasur dan bingkai tempat tidur dan sorotkan senter ke semua tempat persembunyian untuk kutu kasur. Ingatlah bahwa kutu kasur dapat menyelinap ke dalam celah yang dapat dimasukkan benda setipis kartu nama.

3. Furnitur Lainnya.

Keluarkan semua laci dan bantal dari furnitur di sekitarnya. Periksa semua jahitan dan celah dengan hati-hati dengan senter. Luangkan waktu dan periksa dengan saksama. Kutu busuk biasanya ditemukan di area ruangan yang penuh sesak.

4. Dinding dan Karpet.

Periksa dinding sekitarnya dengan melepas pelat sakelar listrik dan semua hiasan dinding. Periksa di bawah setrip paku dan di belakang papan pinggir jika memungkinkan. Sorotkan cahaya ke retakan di plester dan lipatan di sepanjang kertas dinding.

5. Barang Elektronik Lainnya,

Sayangnya, barang elektronik menyediakan tempat persembunyian yang sempurna untuk kutu kasur. Periksa dengan saksama menggunakan senter dan kaca pembesar. Kutu kasur pada awalnya cenderung berdiam di sekitar tempat tidur, tetapi pada akhirnya mereka bisa tersebar di seluruh ruangan, menempati celah atau lokasi yang terlindungi. Serangga ini juga dapat menyebar ke kamar atau apartemen yang berdekatan.

Artikel Terkait :Cara Memeriksa Kasur Anda dari Kutu Tempat Tidur

Penanganan terbaik terhadap Kutu kasur.

Jika anda masih merasa gelisah dengan ketenangan tidur anda dan merasa memerlukan penangan lebih lanjut dan efektif terhadap kutu kasur. serahkan urusannya pada ahlinya, ya itulah kami Sinttesis Pest Control. dengan pengalaman dan kemampuan kami. Sinttesis Pest Control siap untuk menjaga ketenangan tidur anda dari kutu kasur.

Perusahaan Pengendalian Hama Terpercaya di Dekat Anda

Jika Anda membutuhkan perusahaan pengendalian hama terbaik dan terpercaya di daerah Jabodetabek dan Sukabumi, Sinttesis Pest Control siap menanganinya. Kami telah berkecimpung di industri, komersil dan resindensial bertahun – tahun .

Sinttesis Pest Control menawarkan berbagai layanan pengendalian hama yang tidak dapat Anda temukan ketika Anda melakukannya sendirian. Kami berusaha mengatasi semua masalah hama dari yang sederhana hingga masalah yang kompleks, karena Kami memiliki peralatan lengkap dan memiliki tim pembasmi hama terbaik. Pakar hama Kami dijamin sangat terlatih, ahli, profesional, dan berlisensi yang berarti memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan dan memastikan bahwa pengendalian hama mengikuti protokol yang benar.

Kami akan menjamin metode perawatan yang digunakan  aman dan efektif serta dijamin aman bagi manusia, hewan peliharaan, dan properti. Jangan ragu untuk Memilih Sinttesis Pest Control.

One Response

  1. […] Baca Juga ; Waspada, si kutu kasur mengintai anda saat tidur ! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DISKON JUNI 2024

Di Bulan Juni 2024 ini Sinttesis Pest Control hadir dengan DISKON PROMO 15%  untuk setiap pemesanan jasa pengendalian hama yang Kami miliki. Hubungi Kami di 081181200500.

 


This will close in 20 seconds